Peraturan Perlindungan Data Umum (GDPR) mengubah lanskap privasi data di Eropa. GDPR dirancang untuk menyelaraskan hukum privasi data di seluruh Eropa, memberikan individu kontrol dan transparansi yang lebih besar atas data pribadi mereka.
Pada Februari 2017, dalam antisipasi berlakunya GDPR, IAB Europe meluncurkan upaya kolaboratif dengan mengorganisir kelompok kerja khusus, yang didukung oleh staf IAB Europe, untuk menyusun, memelihara, dan mengembangkan standar industri, TCF, dalam upaya memenuhi kebutuhan pengguna, industri, dan regulator.
Sejarah TCF
- Pada 25 April 2018, TCF v1.1 diluncurkan setelah melalui konsultasi industri yang luas dengan anggota IAB Europe dan IAB Tech Lab, serta industri periklanan digital secara umum.
- Pada 21 Agustus 2019, TCF v2.0 diluncurkan setelah melalui konsultasi industri yang luas, terutama dengan penerbit dan asosiasi industri yang mewakili semua aspek industri tersebut.
- Pada 19 Agustus 2020, TCF v2.1 diluncurkan untuk menyelaraskan TCF dengan keputusan Planet49 yang dikeluarkan oleh Pengadilan Kehakiman Uni Eropa dan untuk menstandardisasi pengungkapan durasi operasi cookie.
- Pada 16 Mei 2023, TCF v2.2 diluncurkan untuk merespons perubahan dan kebutuhan industri, serta memperkenalkan sejumlah iterasi yang terkait dengan Rencana Aksi yang diajukan dan divalidasi oleh Otoritas Perlindungan Data Belgia (APD).
Peserta TCF memiliki waktu hingga 20 November 2023 untuk mengadopsi TCF v2.2 dan melakukan perubahan yang diperlukan pada implementasi mereka masing-masing.
Apa yang dimaksud dengan Kerangka Transparansi & Persetujuan (TCF)?
TCF adalah alat akuntabilitas yang mengandalkan standardisasi untuk memfasilitasi kepatuhan terhadap beberapa ketentuan dalam Direktif ePrivacy dan GDPR. Ini menerapkan prinsip dan persyaratan yang berasal dari kedua instrumen legislatif tersebut ke dalam konteks khusus industri daring.
TCF adalah standar sukarela yang ditujukan untuk digunakan oleh tiga kategori pemangku kepentingan:
- Penerbit (Publishers): pemilik atau operator konten atau layanan daring di mana data pribadi dikumpulkan dan digunakan oleh perusahaan pihak ketiga (vendor) untuk periklanan digital, pengukuran audiens, atau personalisasi konten.
- Vendor: perusahaan pihak ketiga yang biasanya tidak memiliki akses langsung ke pengguna akhir dari penerbit. Vendor dapat berupa server iklan, penyedia pengukuran, agensi periklanan, DSP (Demand-Side Platform), SSP (Supply-Side Platform), dan lainnya.
- CMPs (Consent Management Platforms): penyedia perangkat lunak atau solusi yang mengembangkan pemberitahuan (misalnya, banner cookie) untuk memberi tahu pengguna dan mengambil preferensi mereka terkait dengan pemrosesan data pribadi mereka.
Komponen Utama TCF
TCF adalah kombinasi dari sumber daya kunci berikut:
- TCF Policies (Kebijakan TCF)
- TCF Terms & Conditions (Syarat dan Ketentuan TCF)
- TCF Implementation Guidelines (Pedoman Implementasi TCF)
- Transparency and Consent (TC) String with Global Vendor List Format (String TC dengan Format Daftar Vendor Global)
- The Consent Management Platform API (API Platform Manajemen Persetujuan)
- Vendor Device Storage & Operational Disclosures (Penyimpanan Perangkat Vendor & Pengungkapan Operasional)
- Additional Vendor Information List Specification (Spesifikasi Daftar Informasi Vendor Tambahan)
- Global Vendor List (GVL)
- CMP list (Daftar CMP)
Sumber daya ini bersama-sama membentuk kerangka dan alat untuk TFC.
Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau membutuhkan bantuan lebih lanjut, silakan menghubungi kami di sini.