Google memperkenalkan persyaratan baru bagi Consent Management Platforms (CMP) yang bekerja dengan mitra penerbit dan pengembang yang menyajikan iklan di EEA (Area Ekonomi Eropa) dan Inggris.
Komitmen Google terhadap transparansi dan kontrol berarti secara berkala akan mencari cara untuk meningkatkan pengalaman persetujuan. Google sedang mempertimbangkan harapan pengguna yang berkembang dan indikator regulasi yang pada akhirnya akan memandu lanskap periklanan online secara lebih luas. Itulah mengapa Google memperkenalkan persyaratan baru untuk membantu mitra beradaptasi dengan perubahan ini, dan mengantisipasi bahwa pihak lain di industri akan mengikuti dengan penyesuaian serupa.
Pada tahun 2020, Google mengintegrasikan sistem iklannya dengan Kerangka Kerja Transparansi dan Persetujuan IAB Europe (TCF), yang saat ini didukung oleh seluruh ekosistem periklanan, termasuk oleh berbagai Consent Management Platforms (CMP).
Consent Management Platform (CMP)
Persyaratan TCF IAB baru
Pada akhir tahun 2023, Google mewajibkan semua mitra yang menggunakan Google AdSense, Ad Manager, atau AdMob untuk menggunakan Consent Management Platform (CMP) yang bersertifikasi oleh Google dan terintegrasi dengan TCF saat menyajikan iklan kepada pengguna di EEA atau Inggris.
Keputusan untuk mewajibkan penerbit mengadopsi IAB TCF dilakukan setelah pengumuman dari IAB Europe bahwa TCF V2.2 telah diselesaikan, yang lebih lanjut mendukung konsistensi dalam pengalaman persetujuan periklanan online. Keputusan ini juga merupakan kelanjutan dari komitmen kami pada tahun 2020 untuk mendukung upaya industri yang bertujuan untuk mengelola transparansi dan persetujuan pengguna melalui kerangka kerja standar.
Dengan mendukung TCF, Google bertujuan untuk mempromosikan pendekatan yang bersatu dan dapat diandalkan bagi pengguna dan penerbit di seluruh ekosistem yang lebih luas.
Memberikan Sertifikasi Kepatuhan TCF IAB
Dalam kaitannya dengan persyaratan baru ini, Google telah memulai proses sertifikasi Consent Management Platforms (CMPs) yang bekerja dengan mitra penerbit untuk kepatuhan terhadap TCF. Kami ingin memastikan bahwa setiap CMP dapat digunakan dengan teknologi kami sesuai dengan harapan pengguna.
Google terus mendukung penerbit yang menggunakan TCF, tetapi juga bekerja dengan penyedia teknologi periklanan yang tidak terdaftar di TCF melalui spesifikasi Tambahan Persetujuan Google.
Pemeriksaan yang berhasil terhadap suatu CMP berdasarkan kriteria akan membuatnya tersedia di Google Certified CMPs (Ad Manager, AdMob, AdSense).
Pengalaman Persetujuan yang Konsisten
Dengan mengadopsi kerangka kerja standar dari IAB Europe, industri ini dapat membentuk pendekatan yang lebih bersatu dan dapat diandalkan terhadap transparansi dan persetujuan. Sebagai hasilnya, upaya ini akan berkontribusi pada evolusi berkelanjutan privasi pengguna dan mendukung ekosistem periklanan digital yang lebih peduli terhadap privasi.
Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau membutuhkan bantuan lebih lanjut, jangan ragu untuk bertanya di sini.