Mengapa Permohonan Akun Google AdSense Anda Lama Direspon? Berikut ini alasan dan tipsnya!

Alasan Akun Google AdSense Lama Di-Acc oleh Google

Sebagai publisher, Anda tertarik untuk memonetisasi website dengan Google AdSense. Setelah mempelajarinya, Anda pun membuat dan mendaftarkan akun Google AdSense untuk website Anda. Namun karena satu dan lain hal membuat permohonan akun Google AdSense Anda lama direspon oleh pihak Google. Tentunya Anda tidak senang menunggu terlalu lama bukan? Di sini kita akan membahas sejumlah alasan yang mungkin terjadi di balik lamanya respon tersebut serta tips yang bisa Anda lakukan sembari menunggu. Simak ulasannya berikut ini!

Beberapa Kemungkinan Alasan yang Terjadi di Balik Pending-nya Akun Google AdSense Anda

Berikut ini sejumlah kemungkinan alasan yang terjadi di balik tertundanya persetujuan Google terhadap Akun Google AdSense Anda:

1. AdSense ad code

Jika Anda sudah membuat dan mendaftarkan akun Google AdSense, maka Anda perlu menambahkan AdSense ad code ke website yang Anda kelola. Jangan sampai terlewat karena hal ini bisa membuat tertundanya persetujuan dari Google terhadap akun Google AdSense Anda. Lalu bagaimana jika kita belum melakukan hal ini? Langsung saja cek pedoman cara dan posisi pemasangan kode verifikasi tersebut. Anda akan menemukannya di halaman interface AdSense tempat Anda mendaftarkan domain.

2. Website sudah dihapus, tetapi didaftarkan kembali

Kemungkinan alasan kedua di balik tertundanya persetujuan Google terhadap akun Google AdSense Anda yakni Anda sudah menghapus website yang bersangkutan, tetapi kemudian Anda mendaftarkannya kembali. Hal ini membuat Google AdSense harus memeriksa dan mengecek dulu dengan waktu selama kurang lebih hingga dua minggu lamanya.

3. Website Anda tidak bisa diakses

Google AdSense tentu akan sulit disetujui untuk website Anda apabila website yang Anda daftarkan ternyata sulit bahkan tidak bisa diakses. Sebelum mendaftarkan akun Google AdSense, alangkah baiknya untuk selalu memeriksa domain/URL website Anda. Pastikan ejaan dan penulisannya benar. Pastikan juga apakah memakai .or/,id/.co.id/.com. Periksa juga apakah website tersebut aktif dan bisa diakses dengan mudah. 

4. COVID-19

Pandemi virus Corona atau COVID-19 saat ini ternyata juga berdampak pada lamanya respon Google terhadap pendaftaran akun Google AdSense Anda. Sejumlah publisher bahkan ada yang melaporkan telah mendapatkan pesan dari Google AdSense yang berbunyi,“Some of our services are temporarily experiencing delays during the coronavirus (COVID-19) pandemic.” Wajar saja karena pandemi yang terjadi ini membuat sejumlah perusahaan berjuang dalam menjalankan bisnisnya, termasuk Google.

5. Alasan lain yang tidak diketahui

Dalam hal ini, Google tidak secara gamblang 100 persen menjelaskan alasan yang terjadi di balik lamanya respon mereka terhadap pendaftaran akun AdSense Anda. Oleh karena itu, pastikan bahwa website yang Anda kelola tidak melanggar peraturan kebijakan Google dan sudah memiliki traffic yang stabil.

Lalu, apa yang bisa Anda lakukan sembari menunggu respon dari Google terhadap akun Google AdSense Anda? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan yakni:

Pertama, persiapkan website Anda sebaik mungkin agar peluang untuk di-acc Adsense-nya oleh Google bisa lebih tinggi. Anda bisa melakukannya mulai dari konten, seperti membuat konten yang original, tidak terlalu sering membuat konten yang sifatnya re-published, dan rutinlah memproduksi konten agar website Anda memiliki traffic yang stabil.

Kedua, cari dan pilih alternatif AdNetwork lain di luar Google AdSense. Walaupun Google AdSense menjadi market leader untuk AdNetwork, bukan berarti Anda tidak bisa memonetisasi website Anda tanpa Google AdSense. Ada sejumlah AdNetwork lain yang bisa Anda coba selain Google AdSense.

Ketiga, bekerja sama dengan Google Channel Partner terpercaya melalui ProPS. Tim kami bisa membantu Anda untuk memonetisasi website Anda melalui Google AdSense ataupun Google AdExchange berdasarkan traffic dan kondisi website Anda. Google AdExchange sendiri merupakan versi premium dari Google AdSense dan tetap mampu meningkatkan pendapatan iklan website Anda.

Bagaimana? Sudah paham kan alasan di balik lamanya respon persetujuan Google terhadap pendaftaran akun AdSense Anda? Atau Anda masih bingung dengan apa yang perlu dilakukan jika akun AdSense Anda tidak kunjung disetujui oleh Google? Tim kami di ProPS bisa membantu Anda untuk memonetisasi website Anda dengan mudah. Tertarik berdiskusi bersama kami? Silakan kunjungi kami di sini.