Apa itu Google News dan Apa Manfaatnya bagi Publisher?

Apa itu Google News?

Google memang memiliki sejumlah platform layanan yang berguna untuk menunjang kinerja banyak orang, termasuk Anda yang bekerja di bidang publisher maupun Anda yang sering membaca berita di dunia maya. Salah satu platform layanan tersebut bernama Google News.

Apa yang dimaksud dengan Google News? Google News merupakan salah satu platform layanan dari Google yang berguna untuk menampilkan artikel berita milik publisher di laman news pada situs pencarian Google. Hal ini sangat mudah ditemui ketika Anda tengah mencari berita di laman situs pencarian Google. Biasanya, terdapat tab News atau Berita di bagian atas dan saat kita klik, maka akan muncul berita terkait keyword yang kita cari.

Tampilan Google News di laman utama pencarian

Tampilan Tab News di laman Desktop

Tampilan Tab News di laman Mobile

 

Keunggulan Google News bagi Penggunanya

Lantas, apa keunggulan dari layanan Google News? Bagi para penggunanya, tentu saja Google News sangat bermanfaat. Melalui Google News, para pengguna bisa menemukan artikel konten berita terkini dari seluruh dunia melalui keyword tertentu. Selain itu, pengguna juga bisa membaca konten berita secara online dan offline disesuaikan dengan kebutuhan. Tak hanya itu, konten juga bisa dibagikan atau di-bookmark. Tak hanya itu, konten berita di Google News juga bisa diatur sesuai dengan preferensi para penggunanya sehingga berita yang ada memang disesuaikan dengan pengguna dan terasa lebih personal.

Manfaat Google News dan Bergabung dengan Google Publisher Center

Lalu, apa manfaat yang bisa diperoleh para publisher jika menggunakan Google News dan bergabung dengan Google Publisher Center? Inilah manfaat bagi para Publisher jika bergabung dengan Google Publisher Center:

1. Kontrol konten dan branding. Di sini, Publisher sendiri yang mengatur desain, merek, dan penyesuaian konten publikasi di Google News sehingga Publisher tetap menjadi pemegang kendali atas konten mereka sendiri.

2. Peluang monetisasi. Di sini, Publisher bisa memasang iklan di dalam konten yang disajikan melalui Google Ad Manager.

3. Kelayakan penempatan. Materi berita/konten memang tidak dijamin terkait penempatannya, tetapi materi akan dipilih secara independen oleh tim merchandising dari Google News sehingga penempatan konten sudah disesuaikan berdasarkan standar Google News.

Cara Kerja Google News

Lalu, bagaimana cara kerja dari Google News itu sendiri? Cara Kerja Google News dalam mengakses dan menampilkan berita Anda yakni:

1. Menggunakan Publisher Center untuk membagikan konten dengan Google News dengan mengirimkan feed RSS, link URL, atau video konten Anda di Google Publisher Center.

2. Melalui crawling web normal di mesin pencari Google untuk menemukan konten berita milik para publisher

 

Setelah mengetahui cara kerja dari Google News, maka kita sekarang paham bahwa publisher tidak perlu lagi mendaftarkan atau membuat situs mereka memenuhi syarat Google News. Mengapa demikian? Karena Google akan melihat dan mempertimbangkan para publisher secara otomatis apakah konten mereka bisa masuk ke dalam tab berita di Google Search atau tidak. Point terpenting yang perlu diperhatikan oleh para publisher yakni membuat konten yang berkualitas dan sesuai dengan kebijakan Google News.

Pada edisi berikutnya, kami akan ajak Anda untuk membahas tentang konten yang berkualitas dan sesuai dengan kebijakan Google News. Jangan sampai ketinggalan ya!

Masih ingin mengetahui lebih lanjut terkait Google News dan informasi lainnya? Selalu nantikan informasi terbaru dari kami di sini.

Disadur dari https://support.google.com/news/publisher-center/answer/9607025?hl=id&ref_topic=9603441

 

The content has been copied..