Blog Indonesia

Apa Yang Perlu Dilakukan Di Tahun 2021 Agar Lebih Baik dari 2020?

2020 Baru saja berlalu, saatnya memulai semangat baru di tahun 2021 ini. Tahun 2020 memang bukan tahun yang mudah bagi semua orang. Pandemi Covid-19 tentunya sangat mempengaruhi seluruh kegiatan bisnis maupun kegiatan lainnya. Tidak sedikit perusahaan yang gulung tikar karena pandemi ini. Belum lagi Algoritma Google yang berubah di 2020 ini cukup membuat beberapa publishers jadi bingung, karena pembacanya tiba-tiba turun drastis yang seirama dengan pendapatan iklan.

Berbenah dari keadaan 2020 yang mengubah cara Anda dalam beraktivitas sehari-hari, seperti komunikasi jarak jauh melalui video call, belanja melalui e-commerce dan berbagai aktivitas lainnya memaksa perubahan dalam melakukan kegiatan sehari-hari.
Namun banyak sekali hal dapat kita pelajari dari 2020, seperti strategi apa saja yang perlu dilakukan untuk berbenah di 2021 ini bagi publishers? Yuk simak poin-poin di bawah

1. Buat Konten Yang Flexible Dengan Kebutuhan Pengguna

Gambar dari Canva.com

Konten yang flexible ini tentunya sangat membantu untuk menggapai pengguna, contohnya seperti tahun lalu saat virus Covid-19 melanda Indonesia di awal 2020, banyak publishers dengan niche traveling harus inovatif dengan isi kontennya agar tetap dibaca oleh user, seperti banyak publishers yang merubah niche kontennya menjadi resep makanan, teknologi, olahraga maupun lainnya yang banyak dicari oleh user untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Tentunya, dari hal ini kita banyak belajar bahwa perlu membuat konten yang flexible yang tentunya juga berguna bagi user di tahun 2021 ini.

2. Positif Terhadap Tahun 2021

Gambar dari Canva.com

Melihat dari 2020 kita belajar bahwa saatnya digitalize berbagai platform, baik dari belajar online, nonton online berbayar, belanja online dan lainnya. Tentunya semua aktivitas menjadi serba online, dengan ini tentunya menjadi hal baik bagi publisher untuk terus aktif update dengan konten-konten yang dibutuhkan user tentunya. 

Semakin sering update konten dan menggunakan Tools Google lainnya seperti Google Analytics, Google Search Console dan sebagainya agar user organik terus bertambah dan kontennya semakin banyak dibaca di tahun 2021.

3. Update Dengan Konten Yang Sedang Viral

Gambar dari Canva.com

Salah satu cara mendapatkan audience di artikel website tentunya memanfaatkan isi konten yang sedang viral, contohnya seperti di 2020 terdapat beberapa trending keyword. Dengan meng-update konten yang sedang viral pun tentunya membuat artikel akan lebih mudah ditemukan oleh user di portal pencarian, sehingga semakin banyak konten yang viral yang dibuat, semakin besar pula artikel lebih mudah ditemukan oleh user di tahun 2021.

4. Membuka Peluang Kerjasama

Gambar dari Canva.com

Salah satu yang bisa dilakukan di tahun 2021 ini adalah kerjasama antar blogger saat ini menjadi salah satu komponen agar Website bisa lebih berkembang. Gunakan event Webinar atau Seminar online untuk mencari kenalan baru agar bisa menjalin kerjasama ataupun kolaborasi konten. Dengan banyaknya kenalan blogger tentunya akan membantu untuk memperluas backlink agar semakin bagus ranking SEO website yang dimiliki. 

Selain itu, kerjasama juga bisa dilakukan dengan beberapa channel partner iklan. Selain mendapatkan optimasi revenue iklan tambahan, tim kami juga siap membantu Anda dalam hal konsultasi di sini

Sumber dari What’s New In Publishing dan We Publisher Pro

Subscribe Us