Over 10 years we helping companies reach their financial and branding goals. Onum is a values-driven SEO agency dedicated.

CONTACTS
News Indonesia

Google Membatalkan Keputusan untuk Menghapus Third-Party Cookies dari Chrome

Google mengumumkan pada hari Senin, 22 Juli, bahwa mereka berencana untuk terus menggunakan cookie pihak ketiga di browser Chrome mereka, meskipun telah berjanji selama bertahun-tahun untuk menghapus mekanisme pelacakan ini.

Perubahan signifikan ini muncul sebagai tanggapan terhadap kekhawatiran dari pengiklan, yang merupakan sumber pendapatan utama perusahaan. Mereka berpendapat bahwa penghapusan cookie di browser terpopuler di dunia akan menghambat kemampuan mereka untuk mengumpulkan data untuk personalisasi iklan, sehingga membuat mereka bergantung pada data pengguna milik Google sendiri.

Cookie adalah potongan kode kecil yang dikirimkan oleh situs web ke browser pengunjung, yang tetap aktif saat orang tersebut menjelajahi situs lain. Praktik ini telah menjadi dasar ekosistem iklan digital, memungkinkan pelacakan pengguna di berbagai situs untuk menargetkan iklan secara efektif.

Pada tahun 2020, Google mengumumkan bahwa mereka akan berhenti mendukung cookie pihak ketiga pada awal 2022 setelah memenuhi kebutuhan pengguna, penerbit, dan pengiklan, serta mengembangkan alat untuk mencegah penyelesaian masalah. Untuk mencapai ini, Google meluncurkan inisiatif “Privacy Sandbox” mereka, yang bertujuan untuk menemukan solusi yang melindungi privasi pengguna sambil memungkinkan konten tetap dapat diakses secara gratis di web terbuka.

Namun, pada Juni 2021, Google memperpanjang waktu, memberikan industri periklanan digital tambahan waktu untuk mengembangkan strategi untuk periklanan yang lebih berfokus pada privasi. Pada tahun 2022, Google mengumumkan bahwa umpan balik menunjukkan bahwa pengiklan membutuhkan lebih banyak waktu untuk beralih ke pengganti cookie baru, karena beberapa menyatakan kekhawatiran bahwa perubahan tersebut akan berdampak signifikan pada bisnis mereka.

Lena Cohen, ahli teknologi di Electronic Frontier Foundation, menyatakan bahwa cookie dapat menyebabkan kerugian bagi konsumen, seperti iklan predator yang menargetkan kelompok rentan. “Keputusan Google untuk terus mengizinkan cookie pihak ketiga, meskipun browser besar lainnya telah memblokirnya selama bertahun-tahun, secara langsung mencerminkan model bisnis yang didorong oleh periklanan,” kata Cohen dalam sebuah pernyataan.

Privacy Sandbox 

Di Uni Eropa, penggunaan cookie diatur oleh General Data Protection Regulation (GDPR), yang mengharuskan penerbit untuk mendapatkan persetujuan eksplisit dari pengguna sebelum menyimpan cookie. Browser besar juga menawarkan opsi untuk menghapus cookie sesuai permintaan. 

“Alih-alih menghapus cookie pihak ketiga, kami akan memperkenalkan pengalaman baru di Chrome yang memungkinkan orang membuat pilihan yang diinformasikan yang berlaku di seluruh penjelajahan web mereka, dan mereka akan dapat menyesuaikan pilihan itu kapan saja,” kata Anthony Chavez, wakil presiden inisiatif Privacy Sandbox yang didukung Google, dalam sebuah posting blog. 

Chavez mencatat bahwa Google bekerja sama dengan regulator seperti CMA dan Kantor Komisaris Informasi Inggris, serta dengan penerbit dan kelompok privasi, dalam pendekatan baru ini, sambil terus berinvestasi dalam program Privacy Sandbox.

“Kami menciptakan Privacy Sandbox dengan tujuan menemukan solusi inovatif yang secara signifikan meningkatkan privasi online sambil mempertahankan internet yang didukung iklan. Pendekatan ini mendukung ekosistem penerbit yang beragam, menghubungkan bisnis dengan pelanggan, dan menyediakan akses gratis ke berbagai konten untuk semua orang,” kata Chavez. 

Pengujian awal oleh perusahaan teknologi iklan, termasuk Google, telah menunjukkan bahwa API Privacy Sandbox memiliki potensi untuk mencapai hasil yang diinginkan. Kinerja keseluruhan API ini diharapkan akan meningkat seiring waktu seiring dengan adopsi industri yang berkembang. Namun, transisi ini membutuhkan upaya besar dari banyak peserta dan akan mempengaruhi penerbit, pengiklan, dan semua pihak yang terlibat dalam periklanan online. 

Saat ini sedang dalam proses, tetap penting bagi pengembang untuk memiliki alternatif yang melindungi privasi. API Privacy Sandbox akan terus tersedia, dengan investasi berkelanjutan untuk meningkatkan privasi dan kegunaannya. Kontrol privasi tambahan juga direncanakan, termasuk pengenalan IP Protection dalam mode Incognito Chrome. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau memerlukan bantuan lebih lanjut, jangan ragu untuk bertanya kepada tim ProPS di sini.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau membutuhkan bantuan lainnya, jangan ragu untuk bertanya di sini. Kami akan membantu Anda.

Subscribe Us