Blog Indonesia

Inilah Kenaikan Tren Pencarian Google Sepanjang 2020

Melihat kembali saat 2020, Anda sebagai publisher tentu membuat konten untuk membantu memberikan informasi untuk masyarakat, apapun itu tentunya Anda perlu mencari tentang apa yang diperlukan atau diminati oleh masyarakat.

Kenaikan tren pencarian Google sepanjang 2020 tentunya sangat berpengaruh pada konten Anda.

Di Asia Pasifik sendiri, total pencarian setahun terakhir menemukan bahwa orang-orang mencari apa saat ini sedang tren? 

Mungkin Anda tidak menemukan jawabannya, kami berangkat dari tren pencarian dan kami menemukan bahwa APAC memainkan perannya di Indonesia.

Kami melihat adanya hasrat berbagi di Indonesia untuk mengerti tentang keadaan saat ini baik dari pengalaman kolektif, menyediakan wawasan pemasaran dan lainnya.

Berikut inilah kenaikan tren pencarian Google sepanjang 2020 di Indonesia, laporan ini menyediakan bagaimana Anda melihat pola perilaku masyarakat berubah dengan keadaan, poin penting dan contoh untuk membantu Anda dalam mengatur strategi Marketing di 2021 dan seterusnya.

Perspektif setiap Individu

Sejak wabah covid-19 melanda, dapat ditegaskan bahwa tidak ada dua manusia yang memiliki pengalaman yang sama. Tren pencarian membuktikan bahwa audiens mengalami peningkatan kesadaran pentingnya perspektif setiap individu.

Peningkatan pencarian “rasisme adalah” sekitar 40% dan 25% kenaikan pencarian tentang “gender equality”.

Empati 

Saat terjadinya krisis global, orang-orang mencari cara untuk melakukan yang lebih untuk masyarakat dan lingkungan, hal ini juga diharapkan untuk berbagai brand untuk bisa peduli dengan lingkungan. Seperti kata kunci “menyumbangkan” naik hingga 200% di mesin pencari dan “buatan Indonesia” naik sebesar 95%, hal ini juga berdampak pada dukungan terhadap pengusaha lokal. 

Hobi

Setiap Anda tentunya tidak hanya menyukai satu hobi, tentunya saat ini masyarakat tidak lagi ingin menjadi monoton. Seperti menjadi pengajar atau orang tua, tetapi daripada mencoba berbagai peran setiap harinya.

Kenaikan pencarian seperti “Kegiatan anak di rumah” sebesar 330%, hal ini menjelaskan bahwa setiap orang tua mencari cara untuk membuat anak mereka dapat beraktivitas di rumah.

Dengan adanya tantangan dari pandemi juga membuat Masyarakat menerima keadaan dimana menikmati hobi mereka menjadi bisnis. Seperti membuat ruang yang aman untuk menikmati hobinya, total ketertarikan pada “podcast” dan “tanaman rumah” meningkat tajam menjadi 105%-120%.

Perencanaan Masa Depan

Di tahun 2020, tidak ada siapapun yang merencanakannya. Terdapat beberapa gelombang ketertarikan dalam keadaan pada pertengahan 2020. Dengan keadaan yang ada tentunya Anda sebagai publishers bisa menghadapi keadaan hingga saat ini. Terdapat kenaikan 200% dalam pencarian “daftar usaha”, di mana keadaan saat itu hingga saat ini diperlukan untuk masyarakat yang mulai mencoba peluang usaha mandiri.

Sebagai publisher, penting untuk selalu mampu beradaptasi dengan keadaan yang berubah, baik dari segi ketertarikan maupun hal lainnya. Salah satu caranya adalah dengan memperhatikan apa saja yang tengah viral dan menjadi tren dicari oleh orang-orang saat ini. Dengan mengetahui secara baik mengenai tren apa saja yang paling banyak dicari oleh masyarakat secara digital, maka publisher dapat memperbanyak konten yang berhubungan dengan tren terkait. Hal ini tentunya dapat membantu publisher dalam meningkatkan angka kunjungan website dan revenue yang didapatkan melalui monetisasi website.

Tentunya masih banyak hal yang perlu diketahui untuk mengoptimalkan pendapatan Anda melalui iklan. Tim kami siap berdiskusi bersama Anda mengenai hal tersebut. Mari berdiskusi bersama kami di sini.

Sumber Think With Google

Subscribe Us