Update algoritma Google sepanjang 2020 memang banyak dipertanyakan apa saja yang perlu dilakukan? Apakah update ini membuat website lebih baik dan mengundang banyak user, atau menjadi sebaliknya?
Tidak bisa dipungkiri memang jika setiap perubahan algoritma yang diterapkan oleh Google selalu mampu memberikan dampak cukup signifikan bagi pemilik website, karena akan terus dilakukan penyesuaian pada strukturnya.
Seperti apa sajakah update algoritma Google sepanjang 2020? Inilah update Algoritma Google sepanjang 2020 yang perlu Anda Ketahui.
Update Algoritma di Januari 2020
13 Januari, 2020
Pada update ini, Google masih menekankan aspek kualitas dari authority serta relevansi konten, terutama pada website berbasis YMYL (Your Money Your Life). Beberapa website yang masuk dalam kategori tersebut mengalami perbaikan ranking, sementara beberapa lainnya memburuk. Kategori tersebut meliputi niche Keuangan, Berita, Kesehatan dan sebagainya.
Update ini juga terjadi pada tampilan hasil Google Search, khususnya pada featured snippet. Dengan adanya update ini, website yang menempati featured snippet hanya akan muncul satu kali pada suatu hasil pencarian. Sebelum update ini dirilis, sangat memungkinkan untuk sebuah website menempati bagian featured snippet, juga ranking halaman pertama pada satu hasil pencarian.
Cara penyesuaian: Buatlah konten berkualitas yang dapat menjawab pertanyaan pencari secara akurat. Jangan membuat konten yang terlalu bertele-tele. Konten yang dapat membahas berbagai topik memang di satu sisi adalah baik. Namun di sisi lain, ingat bahwa konten yang terlalu panjang juga tidak baik, karena user akan sulit untuk mencerna inti konten secara keseluruhan akibat bahasa yang berbelit-belit.
Untuk meningkatkan authority, berusahalah untuk mendapatkan link dari website yang memiliki authority yang tinggi.
Update Algoritma di Mei 2020
4 Mei 2020
Untuk yang kesekian kalinya, Google menekankan aspek relevansi pada algoritmanya. Maka penjelasan akan ‘konten berkualitas’ menjadi semakin luas. Konten yang baik bisa berarti konten yang ditulis dengan gaya orisinil, tersisip foto/video di dalamnya, terlampir data statistik dan data sebagainya. Namun, bisa saja konten yang memiliki seluruh komponen tersebut menjadi tidak bernilai jika tidak menjawab kebutuhan user atau query yang dimasukkan.
Google juga memperhatikan dari sudut pandang Core Web Vitals yaitu, kecepatan website, respon elemen website dan layout yang ada di halaman website (Largest Contentful Paint, First Input Delay, Cumulative Layout Shift) dari sebuah website.
Bahkan menurut Moz.com, Core Web Vitals disinyalir akan menjadi salah satu faktor peringkat Google. Hal tersebut menunjukkan bahwa Google benar-benar mementingkan UX (User Experience). Maka dari itu, selalu pastikan bahwa website Anda berfungsi dengan baik performanya.
Pada update ini, Google juga memberi bobot pada nofollow link yang sebelumnya diabaikan. Menurut Google, sejak Maret 2020, mereka mulai menggunakan link untuk memicu proses crawling dan indexing.
Cara penyesuaian: Sajikan users Anda dengan konten yang relevan, jelas, dan informatif yang dapat menjawab queries mereka. Lakukan optimasi UX pada website Anda, terutama pada tampilan mobile.
Update Algoritma di Desember 2020
3 Desember 2020
Setelah hampir tujuh bulan dari update algoritma sebelumnya, Google akhirnya merilis update algoritmanya yang ketiga di tahun 2020. Pada update Algoritma terakhir di tahun 2020, Google mengumumkan update terkait lewat akun resmi Twitternya.
Update ini mulai berjalan pada tanggal 3 Desember, dan akan memakan waktu 1-2 minggu untuk selesai. Meskipun roll out update belum selesai, telah banyak website yang melaporkan perubahan drastis pada rankingnya di Google Search.
Cara penyesuaian: Seperti update algoritma Google yang pada umumnya, tidak ada langkah khusus yang bisa dilakukan untuk menanggapi update algoritma dari Google ini. Bahkan, menurunnya ranking website Anda setelah perilisan update belum tentu menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang salah pada website Anda. Namun, Google menyediakan list dari beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika website Anda terkena dampak dari update algoritma ini.
Banyak bukan perubahan algoritma yang ada di 2020? Secara tidak langsung hal ini memang memudahkan user di internet. Karena mereka jadi lebih mudah menemukan informasi dengan cepat. Inovasi-inovasi seperti inilah yang tampaknya terus dikembangkan oleh Google.
Intinya adalah Anda sebagai pemilik website harus mengikuti perubahan yang dilakukan Google agar konten yang Anda buat akan selalu ada di halaman depan Google Search. Mengutamakan konten yang relevan dan berkualitas tinggi, sehingga Google akan selalu menghargai konten yang Anda buat.
Kita tidak bisa mengelak jika dunia teknologi akan terus berubah. Begitu pula dengan update algoritma Google terbaru 2020 yang memiliki peran penting untuk keberlangsungan sebuah website hingga tahun 2021.
Selain itu, tim kami ProPS juga siap berdiskusi dengan Anda untuk mengoptimalkan pendapatan website Anda di sini
Sumber dari Google, Searchengineland, dan Searchenginejournal