Over 10 years we helping companies reach their financial and branding goals. Onum is a values-driven SEO agency dedicated.

CONTACTS
Blog Indonesia

10 Tren Marketing 2023 yang Wajib Anda Ketahui!

Mempersiapkan strategi marketing yang efektif sangat penting bagi digital marketer pada tahun 2023. Pasar digital terus berkembang dan menjadi lebih kompetitif, sehingga memerlukan pendekatan yang tepat untuk memasarkan produk atau jasa. Dengan memiliki strategi marketing yang matang, digital marketer dapat menentukan target pasar yang tepat, memilih kanal yang efektif untuk mencapainya, dan menciptakan pesan yang menjual. Ini akan membantu memastikan bahwa bisnis Anda dapat mencapai tujuannya dan memperoleh hasil yang diinginkan dari upaya pemasaran digital.

Oleh karena itulah, Anda perlu mengetahui tentang apa saja tren marketing 2023 yang akan berkembang. Props.id sudah merangkum data lengkapnya khusus untuk Anda di bawah. Simak artikel berikut ini!

1. AI

Artificial Intelligence (AI) adalah program kecerdasan buatan yang bisa memprediksi pola sifat dan aktivitas konsumen. Di tahun 2020 saja, AI digunakan oleh mayoritas produk dan layanan software di pasaran. 

Chatbot adalah salah satu contoh teknologi yang mengandalkan AI. Contoh Teknologi lain yang mengandalkan AI adalah speech recognition dan automatic content generation. Salah satu fitur pengenalan ucapan paling populer adalah pencarian suara Google.

2. Video Marketing

Video marketing termasuk ke dalam marketing trends di tahun 2023. Karena, konsumsi video di perangkat mobile terus meningkat tiap tahunnya. Pada umumnya, ketika membahas tentang video marketing, platform yang dibicarakan pasti YouTube. Padahal, Anda bisa juga melakukan video marketing di platform lain, seperti Facebook dan Instagram. Anda juga bahkan bisa melakukannya di TikTok!

3. User Generated Content (UGC)

User Generated Content (UGC) adalah konten yang diciptakan sendiri oleh konsumen atau follower brand Anda. Seperti Anda menawarkan hadiah kepada mereka. Biasanya, konten-konten sejenis ini dibuat dalam rangka memenuhi tantangan (challenge) yang diberikan oleh brand. Hadiah yang ditawarkan bisa berupa produk, kupon, potongan harga, dan sejenisnya.

UGC adalah salah satu strategi yang patut diperhatikan. Audiens mengatakan bahwa UGC mempengaruhi keputusan mereka. Hal ini karena UGC dapat meningkatkan interaksi dengan para audiens.

4. Social Media Stories

Banyak sekali sosial media yang memiliki fitur stories. Mulai dari Snapchat, Instagram marketing, hingga Facebook marketing. Kepopuleran fitur ini tentu mengartikan bahwa stories adalah fitur yang dianggap sangat potensial.

Buktinya, banyak sekali manfaat yang bisa dinikmati dari stories. Contohnya seperti menggunakan hashtag dan location tag, melakukan survei via polling, membuat kuis, dan mengarahkan pengunjung ke website.

Stories adalah salah satu alat pemasaran yang perlu Anda manfaatkan di tahun 2023. Tidak hanya dilirik oleh banyak platform ─bahkan sekarang Youtube pun  memiliki fitur stories─, banyak juga brand yang menggunakannya sebagai alat pemasaran.

5. Social Commerce

Tren marketing tahun 2023 berikutnya adalah Social Commerce, Social Commerce adalah kombinasi dari media sosial dan E-Commerce. Sehingga Anda bisa menikmati keduanya melalui fitur ini.

Dengan kata lain, Anda bisa mempublikasikan melalui media sosial. Anda mungkin pernah melihat contoh di akun Instagram yang memasarkan produk melalui postingan di Facebook atau marketplace.

Jumlah pengguna di setiap platform media sosial menunjukan tren yang meningkat dari tahun ketahun. Itu sebabnya social commerce menjadi salah satu tren marketing yang perlu dipertimbangkan di tahun 2023.

6. Hyper Personalization

Anda mungkin paham bahwa personalisasi adalah suatu keharusan ketika membangun strategi konten marketing agar kampanye Anda menjangkau audiens yang tepat. Namun, ternyata ada cara lain untuk membuat konten menjangkau audiens Anda yang jauh lebih relevan dengan kebutuhan dan minat mereka. Misalknya, Anda dapat menggunakan fitur hyper-personalization di beberapa platform yang Anda miliki, fitur tersebut akan merekomendasikan berdasarkan riwayat pencarian pengguna.

7. Voice Search

Voice search melakukan pencarian dengan suara. Cukup dengan berbicara, Anda sudah bisa menemukan apa yang Anda cari. Bahkan Anda juga bisa memberikan perintah melalui fitur voice search.

Apakah Anda perlu mempertimbangkan voice search ke dalam rencana pemasaran Anda? Sepertinya iya. Karena semakin banyak pencarian dilakukan melalui voice search. 

Lalu bagaimana agar website Anda bisa dioptimasi untuk voice search? voice search sangat mengandalkan kata-kata semantik saat menampilkan hasil pencarian. Oleh karena itu, Anda bisa mulai dengan mempelajari tentang latent semantic indexing (LSI) keyword.

8. Interactive Content

Anda perlu tahu tentang Interactive Content. Apabila content tradisional seperti blog post hanya fokus pada penyajian tulisan dan gambar, interactive content bertujuan untuk menyajikan fitur-fitur yang juga mengundang interaksi dari para pembaca. Fitur-fitur tersebut bisa berupa survey, polling, email interaktif, dan juga infografis interaktif. 

9. Internet of Things (IoT)

Internet of Things (IoT) adalah istilah yang kerap digunakan untuk menjelaskan konsep terhubungnya berbagai perangkat dengan internet. Contohnya seperti smart watch dan smart phone. 

Salah satu penyebab utama tren positif IoT adalah perkembangan teknologi 5G. Teknologi ini didesain untuk menghubungkan berbagai perangkat dengan koneksi yang lebih cepat dan lebih bisa diandalkan.

Dengan perkembangan IoT, praktik pemasaran digital pun bisa bergeser. Dari yang awalnya hanya terbatas di HP atau laptop saja, sekarang bisa pindah ke perangkat lain. Dimasa yang akan datang akan semakin banyak iklan atau layanan di perangkat-perangkat yang belum pernah terbayangkan sebelumnya.

10. Push Notifications

Browser push notification, yaitu fitur yang berfungsi untuk memberi notifikasi kepada pengguna browser untuk melakukan sesuatu. Selain itu, metode ini juga semakin populer. Jika Anda tertarik, mungkin website Anda bisa termasuk ke dalamnya juga.

Setelah membaca artikel diatas mengenai 10 tren marketing di tahun 2023, manakah yang membuat Anda tertarik untuk mencobanya? Apakah Anda ingin menyertakan fitur push notification ke dalam website Anda? Atau mungkin Anda ingin mulai membuat interactive content untuk memasarkannya?Apapun pilihannya, pastikan itu memang sesuai dengan kebutuhan website Anda.

Jika Anda belum familiar dengan hal-hal tersebut, tim kami juga siap membantu anda disini.

Sumber : Trend Marketing 2023