Apakah Anda melihat perkembangan website Anda meningkat atau menurun? Atau Anda belum bisa memahami audiens Anda dengan baik? Tools yang bisa Anda gunakan yaitu Google Analytics 4, Guna mengoptimalkan situs website Anda dengan berbagai cara dan guna memantau grafik rasio perkembangan website Anda. Simak artikel ini lebih lanjut!
Data yang terdapat di Google Analytics 4 seperti Bounce Rate, Behavior Flow, dan banyak fitur lainnya yang dapat Anda gunakan untuk meninjau perkembangan website Anda. Jika digabungkan dengan beberapa tips akan membantu Anda meningkatkan konten Anda. Jika Anda mengalami masalah dengan traffic yang rendah, penurunan tiba-tiba, atau Anda tidak dapat mempromosikan artikel tertentu, tips-tips berikut akan membantu Anda mengakhiri semua kendala tersebut.
1. Perhatikan Bounce Rate
Bounce Rate yang diartikan dalam Bahasa Indonesia yaitu tingkat pentalan. Bounce Rate mengukur persentase pengunjung yang langsung pergi setelah mengunjungi blog Anda dan tidak mengklik untuk melihat lebih banyak artikel atau halaman.
Apakah Bounce Rate begitu penting dalam sebuah website? Karena hal tersebut dapat mempengaruhi SEO website secara keseluruhan atau peringkat artikel di hasil pencarian.
Google menganggap jika website Anda memiliki Bounce Rate yang tinggi, berarti konten dalam website Anda kurang optimal, maka dari itu pengunjung tidak menghabiskan waktu lama saat mengunjungi website Anda.
Penyebab Bounce Rate juga dapat meningkat sedikit jika desain blog tidak ramah seluler, font terlalu kecil atau penggunaan warna font yang kurang nyaman dilihat, terdapat banyak iklan, banyak widget yang memperlambat pemuatan halaman
Tips agar mengurangi rasio Bounce Rate yang tinggi Anda harus mengidentifikasi dan mengoptimalkan konten blog Anda yang paling populer, menambahkan backlink, informasi, dan hal lainnya yang menurut Anda perlu.
2. Analisis Behavior Flow
Behavior Flow atau Alur Perilaku adalah tool di Google Analytics 4 yang sangat berguna untuk memahami jalur yang diambil pengunjung situs web Anda saat mereka bernavigasi di sekitar situs Anda. Laporan dari Behavior Flow menunjukkan representasi grafis dari rute yang diambil pengunjung Anda melalui situs web Anda. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah melihat halaman mana yang paling sering mereka kunjungi, atau halaman mana yang terakhir mereka lihat sebelum meninggalkan situs web Anda. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi konten apa yang menurut mereka berguna dan menarik, dan konten apa yang tidak terlalu mengesankan.
3. Tentukan Konten Populer
Saat Anda membuat konten yang berhubungan dengan pengunjung, Anda perlu tahu persis seberapa berguna dan mengapa berhasil untuk membangun momen itu. Berkat Google Analytics 4, menjadi lebih praktis, yang harus Anda lakukan adalah mencari halaman mana yang mendapatkan Traffic, Conversions, dan hasil terbanyak. Ini memberi Anda ide bagus tentang apa yang pengunjung akan anggap menarik dan berdasarkan itu, Anda dapat merencanakan konten apa yang akan Anda buat atau ubah untuk menarik minat audiens Anda.
Dimulai dari mengoptimalkan 10 artikel blog paling populer Anda. Edit masing-masing dan periksa apakah ada informasi yang hilang, apakah Anda dapat meletakkan tautan ke artikel Anda yang serupa lainnya, tautan afiliasi untuk meningkatkan penghasilan Anda atau bahkan jika foto, video, atau konten membutuhkan koreksi atau pembaharuan.
4. Perhatikan Keyword!
Kata kunci atau Keyword apa yang digunakan audiens saat mengunjungi web Anda? Jika Anda memahami kata kunci yang membuat website atau konten Anda muncul di posisi paling atas pada mesin pencarian, yakni Google Search Console maka Anda akan berhasil mengoptimalkan situs web Anda, terhubung dengan pengguna yang tertarik dengan konten Anda, dan juga dapat meningkatkan revenue Anda. Contoh alat yang tersedia untuk memantau kata kunci blog Anda, yaitu Google Analytics, Google Search Console dan plugin Rank Math SEO untuk WordPress. Itu adalah alat yang kerap digunakan setiap blogger untuk memantau kata kunci populer.
5. Sumber Traffic Paling Bagus
Ini dasar tetapi sangat diperlukan. Anda perlu mengetahui lalu lintas atau Traffic web Anda, apakah traffic organik atau Traffic berbayar memberi Anda hasil yang lebih baik dan, di dalam masing-masingnya, sumber mana yang paling menguntungkan. Anda juga dapat memantau Campaign Anda seperti Google Ads Campaigns, untuk melihat hasil apa yang mereka hasilkan dan juga bagaimana orang berinteraksi dengan iklan tersebut. Ini akan membantu Anda mengoptimalkan investasi Anda di tempat yang benar-benar berfungsi, sehingga Anda mendapatkan hasil yang lebih baik dan memaksimalkan revenue Anda.
Keuntungan terbesar dari cara optimasi website Anda akan sangat membantu dalam meningkatkan pengunjung dalam website Anda. Selain itu, hal ini juga akan meningkatkan kualitas konten Anda dan pastinya revenue yang Anda peroleh.
Cara optimasi website dengan Google Analytics 4 tentunya akan menguntungkan bagi Anda baik dalam jangka pendek, maupun jangka panjang. Sehingga Anda perlu selalu memeriksa perkembangan website Anda dengan menggunakan Google Analytics 4 agar bisa lebih optimal hasilnya.
Jika Anda masih terkendala dengan optimasi website, tim kami siap membantu Anda di sini
Sumber : Optimasi SEO Website Google Analytics 4