Blog Indonesia

Sticky Ads dan Implementasi Sticky Ads di Google Ad Manager

Dalam pembahasan kali ini, kita akan membahas tentang Sticky Ads. Sebagian dari kita mungkin sudah familiar dengan istilah Sticky Ads, terutama para publisher yang biasa menggunakan Google AdSense dan Google Ad Manager. Di sini, kita tidak hanya membicarakan tentang pengertian dari Sticky Ads. Kami juga akan mengajak Anda untuk mengetahui keunggulan dari Sticky Ads itu sendiri dan cara implementasi Sticky Ads di Google Ad Manager milik Anda.

Langsung saja kita simak pembahasan mengenai Sticky Ads berikut ini.

Apa itu Sticky Ads?

Sticky Ads merupakan jenis unit iklan yang tetap terlihat di laman website ketika user melakukan scroll ke atas atau ke bawah di laman website yang bersangkutan. Sticky Ads ini terkesan seolah-olah mengikuti user ke manapun sehingga iklan ini terlihat seperti menempel dengan si user. Format iklan Sticky Ads efektif untuk meningkatkan CTR (Click Through Rate) dan Active View metrics.

Contoh Sticky Ads di laman Home Website Piknikdong.com
Contoh Sticky Ads di Halaman Artikel Website Piknikdong.com

Apa saja Keunggulan dari Sticky Ads?

Sticky Ads memiliki sejumlah keunggulan yang bisa meningkatkan pendapatan iklan publishers. Berikut ini adalah poin-poin keunggulan dari penerapan Sticky Ads di laman website:

  • Meningkatkan viewability iklan karena peluang iklan untuk terlihat lebih besar. Sticky Ads akan tetap terlihat oleh user ketika sedang melakukan scrolling ke atas maupun bawah. Hal ini juga berpotensi meningkatkan engagement antara user dengan iklan. Selain itu, iklan juga akan terlihat lebih lama oleh user
  • User experience yang lebih baik karena Sticky Ads tidak mengganggu si user dan sebenarnya Sticky Ads tetap menempel di posisi yang sama, hanya saja seolah-olah terlihat mengikuti si user
  • Bisa menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi dari unit iklan lain karena viewability iklan yang tinggi oleh user
  • Monetisasi
Gambar diambil dari Canva.com

Pedoman Kebijakan untuk Penerapan Sticky Ads di Google Ad Manager

Sebelum menerapkan Sticky Ads di Google Ad Manager Anda, alangkah baiknya untuk memperhatikan sejumlah pedoman kebijakan Sticky Ads dari Google. Jangan sampai Anda melewatkan hal ini karena jika ada Google melihat ada indikasi kesalahan, maka website Anda bisa saja dianggap melanggar aturan yang sudah ditetapkan oleh Google. Berikut ini adalah kebijakan untuk penerapan Sticky Ads di Google Ad Manager yang perlu diperhatikan oleh publishers:

Sticky Ads VerticalSticky Ads Horizontal
Jangan penuhi laman website dengan iklanJangan penuhi laman website dengan iklan
Instruksi di atas berlaku untuk Sticky Ads Vertical pada desktopBeri penanda beda yang jelas antara konten dengan iklan
Instruksi di atas berlaku untuk Sticky Ads Horizontal pada desktop dan mobile
Sticky Ads Vertikal tidak boleh menutupi konten. Iklan tidak boleh terlalu dekat dengan tombol navigasi, konten, ataupun iklan lainnya.Sticky Ads Horizontal tidak boleh terlalu berdekatan dengan tombol navigasi, konten, dan iklan lainnya.
Hal-hal yang berhubungan dengan iklan dan kontennya harus selalu ditampilkanHal-hal yang berhubungan dengan iklan dan kontennya harus selalu ditampilkan
Iklan harus bisa bergulir keluar dan masuk dari viewport
Iklan hanya bisa berpindah ke arah vertikal. Sticky Ads Vertical tidak boleh terlihat mengambang di laman website/kursorSticky Ads Horizontal tidak boleh terlihat mengambang dari ujung windows atau mengikuti kursor
Sticky Ads harus tetap berada di posisi yang sama pada layar tanpa terlihat setengah-setengah ketika user sedang meng-scroll kontenSticky Ads Horizontal tidak boleh terlihat setengah-setengah ketika user sedang meng-scroll konten

Hal yang perlu diperhatikan dan diterapkan di kedua jenis Sticky Ads

Selain tabel di atas, ada juga hal yang perlu diperhatikan dan diterapkan di kedua jenis Sticky Ads, baik Sticky Ads Vertikal maupun Horizontal.

  • Publisher perlu mengetes performa dari sticky Ads unit sebelum mengimplementasikan Sticky Ads di website mereka
  • Pastikan user experience tidak terganggu dengan adanya sticky Ads
  • Jangan sampai Sticky Ads mengganggu kinerja website
  • Selalu patuhi kebijakan Google agar tidak melanggar aturan yang sudah diterapkan Google. Cek aturan kebijakan Google di sini.

Yang Boleh dan Tidak Boleh dalam Implementasi Sticky Ads

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan apa saja yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan ketika Anda hendak menerapkan Sticky Ads pada laman website Anda. Jika hal ini tidak diperhatikan, maka website Anda berpotensi untuk terkena pelanggaran aturan oleh Google. Tentu saja Anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Oleh karena itu, perhatikan hal-hal berikut ini agar Implementasi Sticky Ads di website Anda bisa berjalan dengan baik.

Yang Diperbolehkan dalam Implementasi Sticky Ads

  • Menempatkan sticky ads di area yang terpisah dari konten
  • Tidak memenuhi laman konten website dengan iklan
  • Pemasangan sticky ads tidak menutupi konten
  • Jika ada konten yang tertimpa oleh iklan, maka konten tersebut harus diperlihatkan kepada user ketika sedang discroll oleh user
Contoh Penerapan Sticky Ad Vertikal
Contoh Penerapan Sticky Ad Horizontal

Yang Tidak Diperbolehkan dalam Implementasi Sticky Ads

  • Menempatkan sticky ads yang menutupi konten
  • Menempatkan sticky ads yang terlalu dekat dengan tombol navigasi/konten
  • Membuat sticky ads dengan tombol X/close yang bisa berpindah ke iklan lainnya karena bisa menimbulkan isu Confirmed Click
Contoh Penerapan Sticky Ad yang tidak direkomendasikan karena dekat dengan tombol navigasi
Contoh penerapan Sticky Ad yang tidak direkomendasikan karena menutupi konten

Setelah membaca ulasan tentang Sticky Ads, tentu saja sekarang Anda paham apa itu Sticky Ads bukan? Tak hanya itu, Anda bahkan juga kini telah mengetahui cara implementasi Sticky Ads yang benar sesuai dengan pedoman kebijakan dari Google. Dengan mengetahui cara penerapan Sticky Ads yang sesuai dengan aturan Google, maka Anda akan terhindar dari pelanggaran kebijakan Google. Selain itu, pemasangan Sticky Ads yang sesuai juga akan meningkatkan user experience, engagement, dan berpeluang untuk meningkatkan pendapatan iklan Anda menjadi lebih maksimal. Menarik sekali ya.

Masih bingung tentang cara penerapan dan pemasangan Sticky Ads di laman website Anda? Atau Anda masih ragu untuk mulai memasang Sticky Ads di laman website Anda? Tak usah khawatir. Tim ProPS siap berdiskusi dengan Anda dan membantu Anda terkait Sticky Ads. Silakan kunjungi kami di sini.

Sumber dari Google Ad Manager Sticky ads (PDF)

Subscribe Us