Masih membahas mengenai Google News. Layanan Google yang satu ini memang menarik untuk dibahas karena manfaat yang dimilikinya. Tak hanya itu, publisher juga bisa belajar untuk membuat konten-konten berita yang berkualitas agar bisa masuk dalam tab Google News. Tentunya, konten-konten tersebut harus sesuai dengan aturan dan kebijakan milik Google.
Tampilan Google News mengenai pemberitaan US Election
Melihat manfaat yang dimilikinya, mungkin sebagian dari publisher/media mulai berpikiran untuk mendaftar ke Google News. Dengan mendaftar ke Google News, konten-konten publisher akan semakin banyak dan sering dilihat. Artinya ada peluang untuk peningkatan jumlah kunjungan ke website publisher terkait. Semakin banyak yang berkunjung, website akan semakin populer. Jika website semakin ramai dan populer, maka ada peluang untuk monetisasi. Menarik bukan?
Lantas, bagaimana cara untuk mendaftar di Google News? Apa saja syarat yang harus dimiliki oleh publisher agar bisa masuk dalam Google News? Mari kita simak pembahasannya berikut ini.
Kriteria agar Bisa Memenuhi Syarat dan Masuk dalam Google News
Tampilan Google News versi Carousel terkait pemberitaan Resesi
Bagian pertama yang akan kita bahas adalah kriteria yang harus dimiliki oleh publisher agar bisa memenuhi syarat dan masuk dalam Google News. Hal-hal berikut ini yang perlu diperhatikan agar konten dan website Anda bisa tampil dalam tab Google News.
1. Seluruh konten harus memenuhi Aturan Kebijakan Google
Sebagai publisher, konten yang kita buat harus sesuai dengan aturan kebijakan konten milik Google. Jangan sampai konten-konten Anda melanggar kebijakan Google. Jika melanggar, maka kemungkinannya kecil untuk bisa masuk di Google News bahkan bisa saja tidak akan tampil dalam Google News. Pelajari lebih lanjut mengenai kebijakan konten Google di sini.
2. Situs harus sesuai dengan persyaratan situs milik Google
Tak hanya konten, tetapi situs milik Anda juga harus sesuai dengan persyaratan situs milik Google. Yang dimaksud di sini adalah situs Anda harus bisa dilacak dengan aman dan mudah oleh Google Bot. Selain itu situs Anda juga harus permanen dengan redirect yang minimal. Pelajari lebih lanjut mengenai persyaratan situs milik Google di sini.
3. Harus sesuai dengan persyaratan panduan Google Technical Index
Agar Anda bisa masuk dalam Google News, perhatikan juga persyaratan panduan Google Technical Index. Pedoman teknis ini berguna agar sistem algoritma Google bisa melacak situs berita dan mengetahui halaman manakah yang merupakan artikel berita. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Google Technical Index bisa disimak di sini.
4. Jika ingin menggunakan spot Carousel, pastikan situs Anda memenuhi persyaratan AMP dan memiliki skema sesuai dengan jenis artikel
Hal ini karena kebanyakan yang tampil dalam Carousel Google News merupakan halaman AMP. Tak hanya itu, skema yang sesuai juga memudahkan sistem Google untuk melacak artikel yang berkaitan dengan pencarian di Google News.
News Sitemap Guidelines
Adapun sejumlah pedoman mengenai News Sitemap milik Google yang bisa diikuti oleh publisher agar artikel yang diproduksi bisa berpeluang untuk tampil dalam tab Google News:
1.Ambil URL artikel yang diterbitkan selama 2 hari terakhir. Kita mungkin bisa saja menghapus artikel tersebut setelah 2 hari tayang dari News Sitemap, tetapi artikel tersebut tetap akan terlacak dan terindeks dalam jangka waktu 30 hari lamanya
2. Update News Sitemap dengan artikel-artikel baru yang sudah diproduksi.
3. Anda bisa menambah hingga 1.000 URL, lalu dipecah-pecah ke beberapa sitemap, dan gunakan sitemap index file untuk mengaturnya. Gunakan format XML yang tersedia di protokol sitemap. Jangan menambah lebih dari 50.000 sitemap di dalam sitemap file. Pembatasan ini agar server web kita tidak menggunakan file berukuran besar.
4. Jangan gunakan Google Sitemap Generator untuk membuat sitemap karena bisa mengambil URL yang tidak berhubungan langsung ke artikel berita.
Google Publisher Center
Gambar diambil dari freepik.com/pikisuperstar
Setelah itu, Anda tinggal mengunjungi Google Publisher Center. Jangan lupa untuk mendaftarkan akun dan website Anda terlebih dahulu di Google Publisher Center agar bisa mengaksesnya. Berikut ini langkah-langkahnya:
1. Daftarkan dan kumpulkan informasi-informasi yang sifatnya umum, seperti data-data mengenai website dan diri Anda. Pelajari langkah-langkah membuat akun Google Publisher Center di sini.
2. Masukkan dan kumpulkan konten-konten artikel yang sudah Anda produksi dari website Anda ke dalam Google Publisher Center.
3. Jangan lupa tambahkan gambar dalam konten artikel yang Anda produksi.
4. Setting Ads terutama untuk penempatan iklan dalam konten artikel Anda.
5. Lakukan Advanced Settings.
6. Selanjutnya review kembali dan penayangan artikel oleh pihak Google.
Tampilan Video berita untuk pemberitaan US Election
Itulah sejumlah hal dan cara yang diperhatikan oleh Publisher jika ingin mendaftar atau memasukkan artikel berita yang sudah diproduksi ke dalam Google News.
Sebenarnya, publisher bisa dipertimbangkan secara otomatis oleh Google agar bisa masuk ke dalam Top News atau Tab Google News pada laman penelusuran. Kunci utamanya yakni publisher cukup membuat konten yang berkualitas dan sesuai dengan aturan Kebijakan Google News yang berlaku.
Sekali lagi, semuanya kembali kepada Anda dan Google selaku pihak yang menyediakan platform Google News. Oleh karena itu, selalu perhatikan konten Anda dan pahami aturan kebijakan konten milik Google News.
Jika Anda memiliki pertanyaan seputar Google News, tim kami siap berdiskusi bersama Anda. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik di sini.
Artikel disadur dari file:///C:/Users/ProPS/Downloads/Google%20News%20(1).pdf dan https://support.google.com/news/publisher-center/