Over 10 years we helping companies reach their financial and branding goals. Onum is a values-driven SEO agency dedicated.

CONTACTS
Blog Indonesia

Menavigasi Pembatasan Google untuk Publisher

Masa depan monetisasi iklan di era Pembatasan Google bagi Publisher menjadi topik yang semakin penting bagi para publisher dalam beberapa tahun terakhir. Seiring Google terus menyempurnakan kebijakan dan regulasinya, para publisher harus tetap terinformasi tentang perkembangan terbaru untuk memastikan mereka memaksimalkan pendapatan mereka sambil mematuhi pedoman Google.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi dampak perubahan kebijakan terbaru Google pada para publisher dan memberikan wawasan tentang bagaimana mereka dapat beradaptasi dengan perubahan ini untuk mengoptimalkan pendapatan iklan mereka.

Apa Itu Pembatasan Google untuk Publisher

Pembatasan Google untuk Publisher berkaitan dengan konten yang tidak diizinkan menerima jenis iklan tertentu dari sumber-sumber tertentu. Ini mencakup segala konten yang ditemukan di halaman atau aplikasi Anda, seperti iklan lain atau tautan ke situs atau aplikasi lain.

Meskipun memonetisasi konten yang dibatasi bukan pelanggaran kebijakan, iklan akan dibatasi berdasarkan preferensi setiap produk periklanan atau pengiklan individu. Ini berarti bahwa terkadang tidak ada sumber iklan yang akan mengajukan penawaran pada inventaris Anda dan tidak akan ada iklan yang ditampilkan pada konten yang dibatasi.

Meskipun pembeli dari berbagai sumber, termasuk Google Ads, Authorized Buyers, DV360, Reservations, dan lainnya, masih dapat menampilkan iklan terbatas pada konten yang dibatasi, Google Ads tidak akan melayani iklan pada konten yang diberi label dengan pembatasan ini.

Memilih untuk memonetisasi konten yang dibatasi dapat mengakibatkan menerima lebih sedikit iklan dibandingkan dengan konten yang tidak dibatasi. Penting untuk dicatat bahwa pembatasan ini ditambahkan ke kebijakan lain yang mengatur penggunaan produk penerbit Google Anda.

Apa Perbedaan Kebijakan Google dan Pembatasan Google untuk Publisher

Kebijakan Google dan Pembatasan Google merupakan seperangkat pedoman dan regulasi untuk para penerbit yang menggunakan platform periklanan Google, tetapi keduanya berbeda dalam fokus dan cakupannya.

Kebijakan Google memberikan para publsiher seperangkat pedoman untuk membuat dan mengelola konten di situs web atau aplikasi mereka yang memenuhi syarat untuk periklanan. Kebijakan ini mencakup berbagai topik seperti konten yang dilarang, penempatan iklan, dan pengalaman pengguna.

Di sisi lain, Pembatasan Google mengidentifikasi jenis konten tertentu yang tidak memenuhi syarat untuk menerima iklan dari sumber-sumber tertentu. Jika konten Anda diberi label dengan pembatasan, ia akan menerima penawaran lebih sedikit dari sumber iklan dan mungkin tidak menampilkan iklan sama sekali. Pembatasan ini berlaku untuk semua konten yang ada di halaman atau aplikasi Anda, termasuk iklan lain dan tautan ke situs atau aplikasi lain.

Secara ringkas, Kebijakan Publisher memberikan pedoman untuk membuat konten yang memenuhi syarat, sedangkan Pembatasan Publisher membatasi sumber iklan untuk jenis konten tertentu.

Pembatasan Google untuk Publisher disusun dalam kategori berikut:

1. Pembatasan Konten

  • Konten Seksual: Merupakan konten yang mengandung ketelanjangan, memberikan saran mengenai performa seksual.
  • Konten Mengejutkan: Merupakan konten yang mengandung cerita atau gambar yang mengerikan, grafis, atau menjijikkan, menggambarkan tindakan kekerasan.
  • Bahan Peledak: Merupakan konten yang mempromosikan penjualan produk yang dirancang untuk meledak dan dapat menyebabkan kerusakan pada orang atau properti di sekitarnya.
  • Senjata: Merupakan konten yang mempromosikan penjualan senjata lain yang dirancang atau dipromosikan sebagai produk yang dapat digunakan untuk melukai lawan dalam olahraga, bela diri, atau pertempuran.
  • Tembakau: Merupakan konten yang mempromosikan penjualan tembakau dan produk terkait tembakau.
  • Narkoba Rekreasi: Merupakan konten yang memberikan instruksi tentang produksi, pembelian, atau penggunaan narkoba rekreasi.
  • Perjudian Online: Merupakan konten yang memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi dalam perjudian online dengan uang sungguhan atau segala bentuk permainan berbasis internet di mana uang atau barang lain yang memiliki nilai dipertaruhkan atau dibayarkan.

2. Pembatasan Perilaku

  • Gangguan Iklan: Google melarang iklan yang disajikan oleh mereka yang menyembunyikan sebagian atau seluruh konten untuk jangka waktu tertentu.
  • Penyembunyian Konten pada Iklan yang Disajikan oleh Google: Google tidak mengizinkan konten yang menyembunyikan sebagian atau seluruh iklan yang disajikan oleh mereka.

Cara Mengatasi Pembatasan Google untuk Publisher

Pusat Kebijakan menyediakan informasi komprehensif tentang isu-isu yang dapat membatasi munculnya iklan di situs, bagian situs, atau halaman Anda, dan membimbing Anda melalui langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan layanan iklan. Jika kolom “Harus Diperbaiki” menunjukkan “Tidak,” itu menandakan bahwa konten situs Anda termasuk dalam Pembatasan Penerbit Google. Meskipun Anda masih dapat memonetisasi konten ini, Anda mungkin akan menerima iklan yang lebih sedikit karena tidak semua sumber iklan memenuhi syarat untuk mengajukan penawaran pada konten tersebut.

Untuk mengatasi pembatasan penerbit pada situs, bagian situs, atau halaman Anda, Anda dapat meminta tinjauan setelah melakukan perubahan yang diperlukan. Sebagai alternatif, Anda dapat menghapus kode iklan AdSense dari halaman Anda jika ingin menghentikan pelayanan iklan di halaman tersebut. Halaman-halaman tersebut kemudian akan otomatis dihapus dari Pusat Kebijakan dalam waktu 7-10 hari.

Secara keseluruhan, Pembatasan Google memainkan peran penting dalam mengatur jenis konten yang dapat dimonetisasi oleh para penerbit yang menggunakan platform periklanan Google. Para penerbit harus menyadari pembatasan yang berlaku untuk kontennya guna memastikan mereka mematuhi pedoman Google dan memaksimalkan pendapatan iklan mereka. Dengan mengakses Pusat Kebijakan dan mengikuti langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah dengan pelayanan iklan, para penerbit dapat mengatasi pembatasan penerbit pada situs, bagian situs, atau halaman mereka. Secara keseluruhan, tetap terinformasi tentang perkembangan terbaru dalam kebijakan dan regulasi Google sangat penting bagi para penerbit yang ingin mengoptimalkan pendapatan iklan mereka dan menjaga hubungan positif dengan Google. Anda dapat membaca tentang Kebijakan Penerbit Google di sini, dan jika Anda ingin berbicara lebih lanjut tentang pembatasan penerbit Google, hubungi kami di sini.