Over 10 years we helping companies reach their financial and branding goals. Onum is a values-driven SEO agency dedicated.

CONTACTS
Blog Indonesia

Panduan Komprehensif Memahami Sesi Iklan di AdSense

Perkenalan

Sesi iklan dalam AdSense adalah metrik penting yang mencakup interaksi pengguna dengan iklan di situs Anda. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan definisi dari sesi iklan, durasinya, dan perbedaan antara AdSense dan Google Analytics dalam mengukur sesi-sesi tersebut.

Definisi Sesi Iklan

Sesi iklan pada dasarnya adalah periode di mana seorang pengunjung unik berinteraksi dengan situs Anda melalui perangkat tertentu. AdSense menggunakan kuki untuk mengaitkan sesi iklan dengan pengguna dan perangkat yang unik. Namun, tantangan dapat muncul jika pengguna menonaktifkan atau menghapus kuki atau memilih untuk tidak menerima iklan yang dipersonalisasi.

Durasi Sesi Iklan

Sesi iklan akan berakhir setelah 30 menit ketidakaktifan pengguna atau pada tengah malam Waktu Standar Pasifik Amerika Serikat (PST). Dalam kasus ketidakaktifan, hitung mundur dimulai ketika seorang pengguna, seperti Alice, pertama kali tiba di situs Anda. Interaksi dengan iklan akan mengatur ulang penghitung waktu, memperpanjang sesi sebesar 30 menit tambahan. Sebagai alternatif, sesi iklan akan berakhir pada tengah malam, menandai awal sesi baru.

Perbedaan antara Sesi AdSense dan Sesi Google Analytics

Perbedaan utamanya terletak pada metodologi pengukuran. AdSense secara eksklusif mengukur sesi pada halaman yang menampilkan iklan, sementara Google Analytics melacak sesi pada semua halaman, tanpa memandang keberadaan iklan. Perbedaan dapat muncul karena variasi dalam implementasi kode pelacakan, pengaturan pengguna, atau penggunaan pemblokir iklan.

Potensi Perbedaan

  • Penempatan Kode Pelacakan: AdSense dan Google Analytics mungkin tidak diimplementasikan pada halaman yang sama.
  • Pengaturan Pengguna: Akurasi AdSense dapat terpengaruh jika pengguna mengubah pengaturan kuki atau menggunakan pemblokir iklan.
  • Penanganan Sesi: Google Analytics memulai sesi baru dengan setiap perubahan dalam sumber kampanye pengguna.
  • Pengaturan Waktu Habis: Berbeda dengan ambang batas ketidakaktifan 30 menit secara default AdSense, Google Analytics memungkinkan penyesuaian waktu habis sesi.
  • Perbedaan Zona Waktu: Tengah malam untuk pengakhiran sesi mungkin berada di zona waktu yang berbeda untuk Google Analytics dibandingkan dengan AdSense.

Menafsirkan Metrik

Metrik AdSense berfokus pada interaksi pengguna dengan iklan, sementara Google Analytics memberikan wawasan tentang interaksi keseluruhan pada halaman. Akibatnya, beberapa tampilan iklan dalam AdSense mungkin sesuai dengan satu “tampilan” di Google Analytics.

Kesimpulan

Memahami sesi iklan dalam AdSense sangat penting untuk mengoptimalkan kinerja iklan. Artikel ini telah memberikan gambaran komprehensif tentang apa yang membentuk sebuah sesi iklan, durasinya, dan perbedaan dalam pengukuran jika dibandingkan dengan Google Analytics. Jika Anda memiliki pertanyaan tambahan atau membutuhkan bantuan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami di sini untuk membantu Anda menjelajahi kompleksitas sesi iklan dalam AdSense.