Over 10 years we helping companies reach their financial and branding goals. Onum is a values-driven SEO agency dedicated.

CONTACTS
Blog Indonesia

5 Strategi Monetisasi Untuk Aplikasi Anda

Di dalam dunia monetisasi aplikasi seluler, terdapat berbagai jalur yang dapat dijelajahi. Artikel ini akan menggali 5 strategi monetisasi aplikasi yang banyak diterima dengan baik, memberikan gambaran tentang potensi dampaknya pada pengembangan aplikasi dan keterlibatan pengguna.

Model Versi Aplikasi Gratis dan Berbayar

Salah satu metode yang umum digunakan untuk menghasilkan uang melalui aplikasi adalah dengan menyediakan versi gratis dan berbayar. Dalam strategi ini, para pengembang dapat membatasi beberapa fitur dalam versi gratis, mendorong pengguna untuk melakukan upgrade ke versi berbayar. Atau, mereka dapat menghasilkan pendapatan dari versi gratis melalui iklan dalam aplikasi.

Strategi ini memiliki dua keuntungan. Pertama, memberikan pengguna cara gratis untuk mengakses fungsi dasar aplikasi. Kedua, membantu pengembang aplikasi membangun komunitas pengguna yang lebih besar, yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan uang melalui upgrade aplikasi atau iklan dalam aplikasi.

Aplikasi Gratis Dengan Model Pembelian Dalam Aplikasi

Salah satu pendekatan monetisasi aplikasi yang banyak digunakan adalah melalui pembelian dalam aplikasi, yang sering disingkat sebagai IAP. Aplikasi itu sendiri, bersama dengan fitur dasarnya, biasanya gratis. Namun, pengguna dapat memilih untuk membayar untuk keuntungan tambahan, seperti mendapatkan nyawa ekstra dalam aplikasi game atau mengakses fitur premium dalam aplikasi kencan, untuk kemajuan lebih cepat dalam aplikasi.

Dalam beberapa kasus, pengguna masih dapat mengakses fitur premium tanpa pembayaran dengan bersabar menunggu beberapa fitur terkunci atau dengan berinteraksi secara teratur dengan aplikasi, memungkinkan mereka untuk menggunakan aplikasi secara gratis secara tak terbatas. Namun, dalam kasus lain, beberapa fitur hanya tersedia melalui pembelian dalam aplikasi, dan para pengembang aplikasi mungkin menawarkan sejumlah fitur secara gratis.

Aplikasi Gratis Dengan Model Berlangganan

Beberapa pengembang memilih untuk membuat aplikasi gratis dengan model langganan. Dalam strategi ini, aplikasi dapat diunduh secara gratis tetapi memberikan akses terbatas ke kontennya atau layanannya. Pengguna kemudian diminta untuk berlangganan suatu paket untuk membuka semua manfaat aplikasi. Pendekatan monetisasi ini umumnya diamati pada aplikasi berorientasi layanan, seperti aplikasi meditasi Headspace, atau aplikasi berfokus konten seperti aplikasi berita.

Metode ini memungkinkan aplikasi mudah ditemukan di toko aplikasi sebagai opsi gratis ketika pengguna mencari konten terkait. Ini berfungsi sebagai alat berharga bagi pengembang untuk membangun pangkalan pengguna awal dan mengonversi pangkalan pengguna tersebut menjadi pelanggan berlangganan aplikasi yang membayar.

Model Aplikasi Berbayar

Dalam beberapa kasus, para pengembang memilih untuk merilis aplikasi mereka secara eksklusif sebagai versi berbayar. Umumnya, aplikasi-aplikasi ini memberikan nilai yang unik yang tidak mudah ditemukan di tempat lain. Strategi monetisasi ini paling umum ditemui pada aplikasi produktivitas.

Penting untuk dicatat bahwa jika Anda memilih pendekatan ini, aplikasi yang Anda kembangkan harus memberikan nilai yang memadai atau fungsionalitas yang unik yang memenuhi kebutuhan pengguna tertentu. Jika tidak, membangun pangkalan pengguna untuk menghasilkan pendapatan dari aplikasi Anda mungkin menjadi tantangan yang sulit.

Model Kemitraan

Jika sebuah aplikasi mendapatkan popularitas yang signifikan dalam pasar niche tertentu, perusahaan yang beroperasi di ruang tersebut mungkin mendekati pengembang aplikasi untuk peluang sponsorship, dengan tujuan menampilkan merek mereka kepada pengguna aplikasi tersebut. Oleh karena itu, ketika merencanakan aplikasi berikutnya, pertimbangkan pangkalan pengguna potensial yang mungkin menarik dan jenis merek yang tertarik pada audiens tersebut. Jika pangkalan pengguna cukup besar, memonetisasi melalui sponsorship merek, kemitraan, atau bahkan akuisisi bisa menjadi pilihan yang layak.

Di Props, kami mengkhususkan diri dalam implementasi teknologi iklan yang cerdas dan langsung, memastikan klien kami mencapai hasil maksimal dari investasi periklanan mereka. Temukan bagaimana Props dapat meningkatkan pendapatan iklan Anda dan mengoptimalkan ruang iklan yang tersedia di situs web atau aplikasi Anda untuk kinerja dan profitabilitas yang optimal.