6 INDUSTRI TERPOPULER DI PENCARIAN GOOGLE INDONESIA SELAMA 2019

Bagi pemain industri digital khususnya publisher, mengetahui industri populer apa saja yang paling banyak dicari oleh audiens merupakan suatu hal yang penting. Publisher dapat membuat konten yang berkaitan dengan apa yang dicari oleh audiens sehingga dapat meningkatkan angka kunjungan ke website. Khususnya bagi publisher yang berfokus pada audiens lokal, Indonesia dinobatkan menjadi yang terbaik di Asia Tenggara dengan memiliki nilai ekonomi digital $40B dan diprediksi akan meningkat sebanyak 3x lipat dalam kurun waktu 6 tahun ke depan.

Berikut ini adalah 6 industri paling banyak dicari di Indonesia selama tahun 2019:

1. Otomotif

Otomotif menjadi salah satu industri yang paling sering dicari oleh masyarakat Indonesia di dunia digital. Pada tahun 2019 ini, mayoritas kata yang dicari berhubungan dengan fitur-fitur tambahan pada mobil seperti “gps navigation” dan “keyless vehicles”.Selain itu tampaknya masyarakat Indonesia juga sudah mulai peduli pada kendaraan bermodel ramah lingungan. Hal ini terbukti dengan begitu populernya beberapa keyword seperti “catalyst”, “motor listrik”, “electric car”, dan “mobil hybrid”.

2. Beauty & Personal Care

Terdapat perkembangan yang luar biasa pada industri Beauty & Personal Care. Terbukti dengan peningkatan 30% ketertarikan pencarian di Google pada industri ini dibandingkan dengan tahun lalu.

Adapun beberapa keywords yang populer pada industri ini adalah “skincare”, “beauty”, “home products”, “glowing”, “hair oil”, dan “best” pada produk kecantikan seperti maskara, toner, krim mata, dan semacamnya.

Masyarakat Indonesia juga banyak mencari solusi dari permasalahan kulit yang dialami seperti “kulit kering”, “kulit kusam”, dan “shampoo penumbuh rambut”. Penggunaan produk yang higienis juga banyak dicari pada beberapa keyword seperti “antiseptik”, “cuci tangan”, “pasta gigi”, dan “shampoo”.

3. Food & Beverage
Peminat kuliner di Indonesia memang sangat besar terbukti industri ini menjadi salah satu industri yang paling banyak dicari masyarakat Indonesia di dunia digital. Selama tahun 2019 ini, masyarakat Indonesia sangat tertarik pada makanan sehat dengan melihat begitu populernya beberapa keyword seperti “healthy food”, “vegan”, “sugar free”, dan “nasi merah”.

Masyarakat Indonesia juga banyak mencari mengenai keuntungan dari mengkonsumsi makanan tersebut, dapat dilihat dari beberapa keyword populer seperti “chia seed”, “himalayan salt”. Selain itu, roti dan kopi juga menjadi jenis makanan terpopuler dengan beberapa keyword seperti “brownies lembut”, “bolu panggang”, “kopi”, dan “gula aren”.

4. Media & Entertainment
Industri Media & Entertainment menjadi pilar utama yang mendorong perkembangan pada dunia digital di Indonesia, khususnya pada sektor News dan Gaming. Dengan kisaran angka 75% dari seluruh pembaca berita online memilih Youtube sebagai media favoritnya. Berita online memiliki beberapa keyword dengan pencarian paling tinggi selama 2019, yaitu “ibukota”, “kalimantan”, dan “kebakaran hutan”.

Gaming merupakan industri yang sangat populer di Indonesia, khususnya 1/3 Gen Z di Indonesia bermain game online setiap hari. Adapun beberapa keyword terpopuler pada industri ini seperti “free fire”, “gaming”, dan “game baru”

5. Online Shopping
Masyarakat Indonesia sudah mulai beralih dari pola belanja secara offline ke online. Hal ini terbukti dari begitu banyaknya pencarian terkait belanja online selama 2019 di Indonesia. Waktu pencarian paling banyak pada industri ini adalah pada Harbolnas dengan beberapa keyword seperti “electronic”, “fashion”, dan “cosmetic”. Begitu juga menjelang bulan ramadhan, banyak masyarakat Indonesia ingin mempersiapkan rumahnya sebaik mungkin, beberapa keyword yang banyak dicari seperti “kulkas”, “sofa”, dan sejenisnya.

Selain itu, beberapa keyword populer pada industri ini juga meliputi “kamera”, “fast charge”, “paylater”, “top up”, “voucher”, dan “voucher game”.

6. Travel
Indonesia merupakan negara dengan angka perkembangan online travel tertinggi di Asia Tenggara. Masyarakat Indonesia cenderung lebih memilih perjalanan yang aman dan nyaman, terbukti dengan beberapa keyword populer seperti “lounges at airport” dan “ticket rescheduling”.

Masyarakat Indonesia juga banyak mencari aktivitas lokal saat berpergian. Beberapa keyword yang paling banyak dicari adalah “things to do”, “festival”, dan “music festival”. Begitu juga dengan pilihan destinasi, wisata domestik menjadi pilihan yang sangat digemari pada tahun 2019 ini. Beberapa keyword yang populer seperti “Labuan Bajo”, “Kalimantan”, dan “Sumba”.

———————————————————————————————
Dengan mengetahui secara baik mengenai industri apa saja yang paling banyak dicari oleh audiens secara digital, maka publisher dapat memperbanyak konten yang berhubungan dengan industri terkait. Hal ini tentunya dapat membantu publisher dalam meningatkan angka kunjungan website dan revenue yang didapatkan melalui monetisasi website. Tentunya masih banyak hal yang perlu diketahui untuk mengoptimalkan pendapatan Anda melalui iklan, Sign Up to ProPS!

The content has been copied..