CARA TERHINDAR DARI ISU KEAMANAN PADA WORDPRESS

WordPress merupakan sistem manajemen konten yang paling sering digunakan oleh publisher. Sekitar 24% website di seluruh dunia telah menggunakan sistem ini. Hal ini dikarenakan penggunaan WordPress yang sangat mudah, namun membuatnya rentan terhadap peretas yang dapat merusak keamanan website.

Sebagai publishers, tentunya kita harus menjaga situs WordPress agar tetap aman dan terhindar dari isu keamanan. Publisher perlu memahami terlebih dahulu siapa, mengapa, dan bagaimana mereka menyerang situs WordPress sebelum memilih sistem keamanan WordPress yang memadai.

Siapa Saja Yang Dapat Menyerang WordPress Publisher?

Human– Hal ini merujuk pada individu yang mengirimkan serangan ke situs web yang sudah ditargetkan.

A Single Bot – Hal ini merupakan program bot otomatis yang digunakan oleh peretas untuk memberikan serangan dalam skala besar.

A Botnet – Ketika sekelompok mesin yang menjalankan program berkoordinasi dari server pusat, mengirimkan serangan secara otomatis, yang disebut sebagai botnet.

Tujuan para peretas adalah untuk mendapatkan akses ke situs WordPress publisher sehingga dapat membaca file dan dan data pada website publisher. Peretas juga dapat memanipulasi database dan memodifikasi file untuk tujuan khusus mereka. Jika data pada website publisher sudah didapatkan, peretas akan menggunakan akses tersebut sehingga dapat melakukan beberapa hal:

-Mengirimkan Spam

-Melewati batasan filters dengan hosting konten berbahaya

-Mencuri data pada website

-Spam & Ad Fraud

 

Bagaimana Cara Terhindar dari Isu Keamanan Pada WordPress?

Salah satu cara terbaik untuk melindungi situs web WordPress adalah dengan melakukan pembaruan secara berkala. Dianjurkan untuk tetap up to date dengan jenis-jenis isu keamanan yang muncul terus-menerus. Berikut adalah beberapa tindakan pencegahan keamanan yang akan membantu publisher:

-Gunakan kata sandi yang berbeda dan sulit ditebak

-Pilih hosting provider yang andal dan memperhatikan standar keamanan yang tinggi.

-Selalu perbarui tema, WordPress core, dan plugin.

-Hindari semua aplikasi website yang sudah lama dan tidak pernah di-update

-Hapus file dan data yang bersifat sensitif.

-Pertimbangkan untuk menyewa penyedia layanan pemeliharaan WordPress yang andal yang dapat membantu Anda menilai risiko

Sebagai Publisher, keamanan website merupakan hal utama yang perlu dijaga. Setiap peretasan dapat menyebabkan kerusakan serius segala aspek bisnis seperti brand image, pendapatan iklan dan akun website itu sendiri.

Pastikan melakukan tindakan pencegahan untuk memastikan data dan file pada website terlindungi. Dengan melakukan tindakan pencegahan dan menggunakan security plugin dan firewall terbaru, tentunya dapat melindungi aset-aset penting pada website.

Selain itu, hindari juga terjadinya ad fraud dan invalid traffic pada website. Keduanya dapat menyebabkan pemblokiran akun Google Ads publisher sehingga tidak dapat lagi monetisasi iklan pada website. Amankan Akun dan Pendapatan Google Ads dengan Sign Up ke ProPS!

The content has been copied..