Over 10 years we helping companies reach their financial and branding goals. Onum is a values-driven SEO agency dedicated.

CONTACTS
Blog Indonesia

Apa yang Dimaksud dengan Iklan PMP (Private Marketplace)?

Apa yang dimaksud dengan iklan PMP (Private Marketplace)? Iklan PMP ini hanya bisa berjalan melalui platform SSP atau dari Google Channel Partner. Iklan PMP ini juga tidak hanya menguntungkan para publishers, tapi juga pengiklan mendapatkan akses tak tertandingi ke pengguna internet yang tak terhitung jumlahnya di ruang yang sering mereka kunjungi, dalam konteks yang meningkatkan peluang konversi dari iklan yang dijalankan. Jadi, mengapa pengiklan mengalihkan dana mereka dari open marketplace ke PMP (Private Marketplace)?

PMP (Private Marketplace)

PMP (Private Marketplace) mengacu pada pasar digital tempat iklan dibeli dan dijual secara terprogram antara pihak eksklusif. Berbeda dengan open marketplace, tempat semua pengiklan memiliki akses ke inventaris di seluruh web, PMP adalah lingkungan khusus undangan tempat publisher menawarkan ruang iklan premium kepada pengiklan yang berkualitas tinggi.

Transaksi pada Private Marketplace (PMP), juga dikenal sebagai transaksi pilihan, termasuk di Google Ad Manager, kontrak yang dibuat langsung antara publishers dan pengiklan atau jaringan periklanan, yang dikelola melalui supply-side platform (SSP).

Kedua pihak membuat kontrak untuk menyetujui persyaratan seperti tarif, penempatan, panjang kontrak, dan sebagainya, dan hanya ketika kedua belah pihak menyetujui persyaratan, kontrak tersebut akan dimulai.

APA KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN DARI PMP DEAL?

Keuntungan dari kesepakatan PMP adalah memungkinkan untuk menciptakan hubungan jangka panjang yang baik dengan pengiklan yang kemudian akan menyukai situs publisher daripada pilihan lain, atau kesepakatan open marketplace, terutama jika mereka melihat pengembalian jangka panjang yang baik. Hal ini dapat menghasilkan harga yang lebih tinggi daripada yang mungkin ditawarkan pengiklan di open marketplace atau, paling tidak, ‘kepastian harga’. Penayang tahu apa yang dapat mereka harapkan dari pengiklan itu dalam hal tarif. Pengiklan dapat memiliki lebih banyak suara di mana iklan mereka ditempatkan dan bahkan pada tata letak halaman itu sendiri.

Di sisi lain, karena kesepakatan PMP lebih diprioritaskan daripada item iklan lainnya yang berjalan pada open marketplace yang sama dan terikat dalam satu tarif dapat berarti bahwa pendapatan tidak dimaksimalkan. Faktanya, pengiklan akan sering memperkirakan apa yang mereka butuhkan untuk memenangkan tawaran untuk tayangan yang sama di open marketplace dan menawarkan hal yang sama sebagai gantinya, membatasi kekuatan/kegunaan kesepakatan PMP.

Menurut eMarketer, PMP Deals akan mencakup sebagian besar pengeluaran terprogram pada tahun ini. Dengan perkiraan kerugian anggaran untuk penipuan iklan mulai dari 5,8 miliar hingga 42 miliar pada 2019, semakin banyak pengiklan menarik anggaran mereka dari open marketplace dan tentunya hal ini berlanjut hingga 2021.

(Sumber Gambar: eMarketer)

Meskipun PMP hanya untuk inventaris dan merek tertentu, ada manfaat besar untuk menggunakannya. Iklan PMP memungkinkan publisher untuk menjaga efisiensi terprogram tanpa risiko, sambil memastikan penempatan mereka selalu diisi dengan iklan berkualitas dari merek terkemuka.

Pengiklan juga dapat memperoleh manfaat dari efisiensi yang ditawarkan PMP dengan membeli ruang dengan platform sisi permintaan seperti yang mereka lakukan di open marketplace. Selain itu, PMP menawarkan keamanan kepada pengiklan untuk mengetahui dari siapa mereka membeli inventaris, sehingga meningkatkan keamanan merek. Dan, karena pengiklan dapat memperoleh data penayang langsung dari sumbernya, mereka dapat membuat keputusan yang lebih tepat tentang perpesanan, penempatan, format, dan lainnya.

Meskipun PMP hanya untuk inventaris dan merek tertentu, ada manfaat besar untuk menggunakannya. Iklan PMP memungkinkan publisher untuk menjaga efisiensi terprogram tanpa risiko, sambil memastikan penempatan mereka selalu diisi dengan iklan berkualitas dari merek terkemuka.

Pengiklan juga dapat memperoleh manfaat dari efisiensi yang ditawarkan PMP dengan membeli ruang dengan platform sisi permintaan seperti yang mereka lakukan di open marketplace. Selain itu, PMP menawarkan keamanan kepada pengiklan untuk mengetahui dari siapa mereka membeli inventaris, sehingga meningkatkan keamanan merek. Dan, karena pengiklan dapat memperoleh data penayang langsung dari sumbernya, mereka dapat membuat keputusan yang lebih tepat tentang perpesanan, penempatan, format, dan lainnya.

BAGAIMANA PUBLISHER MENEMUKAN PENGIKLAN YANG INGIN MASUK KE DEAL PMP?

Tidak ada satu jawaban benar atau salah untuk pertanyaan ini. Itu akan tergantung pada situs mereka, kategori, dan ukurannya.

Hubungan pribadi dengan klien pengiklan adalah kuncinya, dan dalam hal ini, akan membantu jika situs mereka cukup besar secara signifikan dalam pasar spesifiknya sehingga sudah ada tingkat keakraban ketika mereka mendekati pengiklan. Idealnya, ini adalah pengiklan yang menjual produk atau layanan di sektor pasar yang sama dengan situs.

Publishers juga dapat meninggalkan informasi kontak di situs khusus untuk pengiklan yang mencari kesepakatan PMP. Hal ini berlaku untuk pengiklan dan jaringan iklan yang mungkin ingin bermitra dengan pemilik situs secara langsung. Kemungkinan ini ditingkatkan oleh kualitas audiens Anda (waktu di situs, rasio pentalan, kunjungan berulang, dll.), demografi yang sangat cocok dengan audiens target pengiklan, dan kuantitas traffic website (cukup untuk membuat kesepakatan PMP bermanfaat bagi masing-masing pihak).

Ada juga acara jejaring di industri tertentu tempat pengiklan dan publisher dapat hidup berdampingan, seperti pameran trade, acara kerja sama industri, dan sumber online seperti saluran dan forum.

Jadi Pentingkah PMP?

by: burst.com

Sekarang setelah Anda memiliki pengetahuan yang lebih baik tentang apa saja yang terlibat dalam menghubungkan publishers dengan pengiklan untuk penawaran PMP, Anda dapat memutuskan apakah itu cocok untuk bisnis Anda. Jika Anda kesulitan memutuskan dan terhubung dengan Google Channel Partner untuk penawaran PMP.

Anda juga bisa mendapatkan penawaran PMP setelah bekerjasama dengan ProPS. Setelah mendaftar dan implementasi iklan, tim optimasi iklan kami akan mengoptimalkan semua iklan Anda dan melihat setiap peluang dan kemungkinan untuk meningkatkan pendapatan iklan Anda.

Apakah Anda siap untuk meminta Google Channel Partner mengelola inventory iklan di website Anda? Hubungi kami disini.

Sumber: Monetizemore, Publift, Instapage