Over 10 years we helping companies reach their financial and branding goals. Onum is a values-driven SEO agency dedicated.

CONTACTS
Blog Indonesia

Penyelesaian Ketidaksesuaian Data antara AdSense dengan Laporan Analytics

Pada umumnya, pemilik situs web sering mengalami perbedaan yang signifikan antara statistik yang dilaporkan dalam akun AdSense mereka dan bagian AdSense di Analytics. Perbedaan ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang memerlukan pemahaman yang lebih dalam untuk interpretasi yang akurat.

Ketidaksesuaian Data antara AdSense dengan Laporan Analytics

  1. Perbedaan Perhitungan Unit Iklan:
  • AdSense hanya merekam data untuk unit iklan konten AdSense, dan tidak termasuk unit tautan, kotak pencarian, iklan seluler, atau produk AdSense lainnya. 
  • Pastikan kode Analytics tertanam pada setiap halaman web yang menjalankan unit iklan konten AdSense 
  1. Perbedaan Pageview dan Impressi
  • Kode JavaScript terpisah: AdSense menghitung pageview ketika kode iklannya dieksekusi, sedangkan Analytics melakukannya dengan kode pelacakan Google Analytics. Skenario eksekusi yang berbeda dapat menyebabkan ketidaksesuaian. 
  • Iframes: AdSense menggunakan iframes untuk melayani iklan, yang mungkin mengakibatkan impresi yang tidak dilaporkan pada browser yang tidak mendukung tag <iframe>, sehingga Analytics menghitung lebih banyak pageviews
  1. Faktor Eksternal yang mempengaruhi tayangan iklan:
  • Tayangan AdSense mungkin berkurang karena firewall pribadi atau software pemblokir iklan. Pastikan keamanan software internet pengguna tidak memblokir iklan Google dengan menonaktifkan fitur pemblokiran iklan.
  • Perbedaan Hari Pertama: Hari pertama setelah menautkan AdSense dan Analytics mungkin menampilkan sebagian data, dengan data AdSense sebelumnya tidak tersedia di Analytics.
  1. Time Zone and Analytics Views:
  • Ketidakselarasan Zona Waktu: Pastikan setelan zona waktu di Analytics cocok dengan setelan di AdSense untuk mencegah penggabungan periode waktu yang berbeda untuk tanggal tampilan yang sama.
  • Tampilan Analytics: Manfaatkan tampilan Analytics untuk memfilter data dan mendapatkan informasi yang lebih akurat.
  1. Pertimbangkan Browser dan Gambar:
  • Gambar Pihak Ketiga: Beberapa browser memungkinkan pengguna menonaktifkan gambar dari domain eksternal. Jika pengunjung menonaktifkan gambar tersebut, transmisi data ke Google Analytics dapat terhenti.
  • Tidak Adanya Hit Analytics: Metode pelaporan saat ini di Analytics hanya menampilkan informasi AdSense ketika hit Analytics yang sesuai ditemukan. Jika hit Analytics tidak ada, informasi AdSense yang terkait dengan hit tersebut tidak akan ditampilkan di laporan Analytics.

Memahami seluk-beluk perbedaan data AdSense dan laporan Analytics sangat penting untuk interpretasi data yang akurat. Dengan mengatasi faktor-faktor ini, pemilik situs web dapat meningkatkan keandalan analisis mereka, sehingga menghasilkan keputusan yang lebih tepat dan meningkatkan kinerja secara keseluruhan. Pemantauan rutin dan penyesuaian setelan akan memastikan integrasi data AdSense dan Analytics yang lebih lancar.

Kami akan membantu Anda apabila Anda memiliki pertanyaan lain dan membutuhkan bantuan lebih lanjut. Silahkan menghubungi kami di sini.