Over 10 years we helping companies reach their financial and branding goals. Onum is a values-driven SEO agency dedicated.

CONTACTS
Blog Indonesia

Pengertian Header Bidding dan Manfaatnya bagi Publisher

Dalam ekosistem periklanan digital yang terus berkembang, publisher menghadapi tantangan besar dalam memaksimalkan pendapatan mereka, dengan tetap mempertahankan kelancaran pengalaman pengguna. Metode iklan tradisional waterfall sering kali gagal mencapai tujuan ini, sehingga menyebabkan munculnya header bidding, yaitu solusi teknologi iklan revolusioner yang telah mengubah cara publisher mengelola inventaris iklan mereka dan mengoptimalkan aliran pendapatan. Artikel ini akan mengeksplorasi konsep header bidding, manfaatnya bagi publisher, dan mengapa penawaran ini menjadi strategi penting dalam ekosistem periklanan digital.

Apa Itu Header Bidding

Header bidding adalah teknik periklanan programatik yang canggih yang memungkinkan publisher menawarkan inventaris iklan mereka ke berbagai bursa iklan dan sumber permintaan secara simultan, sebelum melakukan panggilan iklan ke server iklan utama mereka. Berbeda dengan metode tradisional waterfall, di mana jaringan iklan diprioritaskan satu per satu, header bidding memungkinkan lelang waktu secara langsung untuk setiap impresi, memastikan bahwa iklan yang membayar paling tinggi yang akan ditampilkan kepada pengguna.

Bagaimana Cara Kerja Header Bidding

  1. Pengguna Mengunjungi Situs Web: Proses dimulai ketika seorang pengguna mengunjungi situs web publisher, yang kemudian memicu panggilan iklan.
  2. Permintaan Penawaran Header: Saat panggilan iklan diinisiasi, permintaan header bidding dikirim ke berbagai mitra permintaan, seperti bursa iklan dan SSP (Platform Sisi Pemasok).
  3. Lelang Waktu Nyata: Setiap mitra permintaan mengajukan penawaran untuk impresi secara langsung, dan penawaran tertinggi dipilih.
  4. Panggilan Server Iklan Utama: Setelah pemenang ditentukan, panggilan server iklan utama dilakukan untuk mengirimkan iklan pemenang kepada pengguna.
  5. Menampilkan Iklan: Iklan pemenang ditampilkan di situs web publisher, dan memberikan pendapatan tertinggi untuk impresi tersebut.

Keuntungan Bagi Publisher

  1. Meningkatkan Persaingan dan Pendapatan. Header bidding secara signifikan meningkatkan persaingan inventaris iklan. Dengan memungkinkan berbagai sumber permintaan untuk membidding impresi yang sama, publsiher dapat mendapatkan penawaran lebih tinggi dan memaksimalkan pendapatan iklan mereka.
  2. Nilai yang Adil untuk Impressi. Biasanya, metode iklan memprioritaskan beberapa jaringan iklan, yang dapat mengakibatkan penilaian kurang untuk beberapa impresi. Header bidding memastikan bahwa setiap impresi memiliki kesempatan untuk bersaing secara langsung, dan mendapatkan nilai pasar yang adil.
  3. Pengurangan Latensi dan Waktu Muat Halaman. Berbeda dengan pengaturan waterfall yang membuat panggilan iklan berurutan, lelang parallel header bidding mengurangi latensi. Hal ini mengarah pada waktu muat halaman yang lebih cepat, meningkatkan pengalaman pengguna, dan potensial meningkatkan peringkat SEO.
  4. Diversifikasi Mitra Permintaan. Header bidding memungkinkan publisher bekerja dengan berbagai mitra permintaan, seperti bursa iklan, jaringan, dan kesepakatan langsung. Diversifikasi mengurangi ketergantungan pada satu sumber, mengurangi risiko fluktuasi pendapatan.
  5. Akses ke Pemasang Iklan Premium. Pubsliher mendapatkan akses ke pemasang iklan premium dan iklan berkualitas tinggi melalui header bidding. Ini dapat menghasilkan relevansi iklan yang lebih baik dan keterlibatan pengguna, sehingga meningkatkan kinerja secara keseluruhan.
  6. Transparansi dan Kontrol. Dengan header bidding, publsiher memiliki wawasan yang lebih baik tentang nilai inventaris mereka dan kinerja berbagai mitra permintaan. Transparansi ini memungkinkan penerbit membuat keputusan berdasarkan data dan mengoptimalkan strategi iklan mereka dengan efektif.

Header bidding telah merevolusi industri periklanan digital dengan memberikan kepada publisher cara yang lebih efisien dan menguntungkan untuk mengelola inventaris iklan mereka. Melalui peningkatan persaingan, pengurangan latensi, dan akses ke pemasang iklan premium, pubsliher dapat memaksimalkan pendapatan mereka sambil memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. 

Mengadopsi header bidding sebagai bagian dari teknologi periklanan mereka menjadi hal yang penting bagi publisher yang ingin tetap bersaing dan berkembang di lanskap digital yang dinamis saat ini. Jika Anda masih bertanya-tanya tentang header bidding, hubungi kami di sini!