Over 10 years we helping companies reach their financial and branding goals. Onum is a values-driven SEO agency dedicated.

CONTACTS
Blog Indonesia

Tingkatkan Performa Situs Web Anda dengan Menguasai Metrik “Page View” di Google Analytics 4

Tidak semua halaman di situs web Anda memiliki performa yang sama. Ada beberapa halaman yang dikunjungi lebih sering daripada yang lain. Namun penting bagi Anda untuk memahami performa setiap halaman dan seberapa efektif halaman tersebut terhadap keseluruhan Website Traffic. Namun sebelum lebih lanjut membahas metrik page view, simak artikel berikut mengenai Google Analytics 4!

Setelah Anda bermigrasi ke Google Analytics 4, tampilan halaman dapat mempengaruhi situs web Anda ketika halaman tersebut dapat memberikan user experience yang baik. Dengan menganalisa data dari metrik Page Views, Anda dapat mengukur seberapa besar user engagement yang terjadi pada halaman tersebut.

Berikut yang perlu Anda ketahui tentang Page View Reports Google Analytics 4.

Apa itu Page View ?

Page view adalah metrik Google Analytics yang menghitung jumlah total berapa kali halaman dikunjungi. Page view tidak dapat diukur secara real-time, diperlukan minimal 24 jam untuk menghitung page view.

Page view menjadi salah satu tolak ukur menilai perilaku pengguna di website Anda. Ini menjadi laporan penting untuk manajemen tingkat atas dan pemangku kepentingan yang peduli dengan interaksi dan retensi pengguna.

Bagaimana Cara Menentukan Page View ?

Pertama, page view diukur setiap kali browser memuat halaman web. Contoh paling umum adalah ketika Anda mengetikkan alamat web ke browser dan menekan enter. Terkadang Anda dapat mengklik tautan yang membawa Anda ke situs web lain, Namun, Anda juga dapat mengklik tautan yang membawa Anda ke bagian berbeda dari situs web yang sama. Dalam kedua kasus tersebut, itu masih dianggap sebagai Single Page View.

Berikut contoh lain tentang bagaimana page view diperoleh:

  • Saat mengklik melalui hasil penelusuran atau tautan media sosial, dan terbuka sebuah situs web, maka GA 4 akan menghitungnya sebagai 1 tayangan laman untuk tautan yang diklik.

Bagaimana Pengukuran Page View di GA 4 ?

Perbedaan pengukuran page view antara GA Universal dan GA 4 dapat bervariasi berdasarkan filter apa yang mungkin telah Anda siapkan di Universal Analytics atau Google Analytics 4.

  • Page View GA Universal
    Metrik page view dalam GA Universal terlihat dari jumlah halaman yang dilihat atau dikunjungi. Penayangan berulang dari satu page akan terhitung. Namun dalam metrik unique page view, jumlah total page yang dilihat tetapi duplikat itu tidak terhitung. Ketika terjadi page view dari mobile app akan terhitung sebagai halaman terpisah. GA Universal tidak dapat menggabungkan page view website dan mobile app secara utuh.  
  • Page View GA 4
    Metrik page view dalam GA 4 yang ditemukan adalah kombinasi antara page views dan screen views. Screen views adalah hitungan page view untuk halaman yang datang dari mobile app. Tampilan berulang dari single screen atau page juga akan dihitung. Screen view dan page view memiliki konsep perhitungan yang setara.

GA Universal melacak page view antara website dan mobile app di properti yang terpisah, sedangkan GA4 menggabungkan kedua data tersebut. Jika anda melacak data web di GA 4 pastikan untuk mempertimbangkan app traffic tambahan saat membandingkan metrik page view.

GA Universal memberikan opsi pemfilteran tambahan yang dapat mempengaruhi data yang akan Anda bandingkan. Misalnya, jika Anda memakai filter untuk melihat wilayah geografis tertentu, jumlah page view antara GA Universal dan GA 4 mungkin lebih berbeda. 

GA Universal dan GA 4 menyediakan kemampuan untuk menyaring Internal IP Traffic dan rujukan yang tidak diinginkan (unwanted referrals).

Beberapa contoh atribut pageview GA Universal dan Google Analytics 4, seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

Metrik page view di GA Universal berubah menjadi page_view event di GA 4. Page_view event secara otomatis dipicu oleh perintah dari Configuration tag di Google Tag Manager  dan mengaktifkan enhanced measurement di Google Analytics 4.

Enhanced Measurement event biasanya secara otomatis masuk ke aktivitas pengguna tertentu yang telah ditentukan sebelumnya, tetapi event hanya akan dicatat jika Anda mengaktifkan fitur tersebut.

Untuk mengaktifkan fitur enhanced measurement di GA 4, ikuti langkah berikut:

  • Langkah-1 : Buka reporting view GA 4, lalu klik “Admin” 
  • Langkah-2 : Klik “Data Stream” yang berada di kolom properti.
  • Langkah-3 : Klik data stream web Anda.
  • Langkah-4 : Aktifkan tombol yang ada di enhanced measurement.

Saat anda mengaktifkan tombol tersebut, tampilan GA 4 Anda otomatis mengaktifkan event “Scrolls”, “Outbond Clicks”, “Site Search” , “Video Engagement” dan “File Downloads”.

  • Langkah-5 : Jika anda hanya ingin mengaktifkan Enhanced Measurement Events, klik tombol berikut.
  • Langkah-6 : Matikan tombol disamping jika Anda jika Anda tidak ingin melacak pilihan tersebut.
  • Langkah-7 : Klik tombol “Save” dan Anda selesai mengaktifkan enhanced measurement events.

Cara Melihat Page View di GA 4

  • Langkah-1 : Buka halaman GA 4
  • Langkah-2 : Buka di menu Reports
  • Langkah-3 : Pilih menu Engagement lalu klik Pages and Screens

Kesimpulan

Terpampang nyata betapa menantangnya hal ini ketika Anda menjalankan website dengan parameter kueri yang cukup banyak. Simak tips berikut untuk memaksimalkan website Anda! Google Analytics 4 merupakan tools yang praktis dan bermanfaat.


Google Analytics 4 juga merupakan tools yang dapat menggali lebih banyak wawasan dari data Anda, namun jika digunakan dengan benar. Simak artikel berikut untuk mengetahui limitasi yang terdapat pada Google Analytics 4!
Page View antara Google Analytics 4 dengan Analytics Universal itu berbeda, sehingga perlu dipahami mengenai  cara pengukurannya masing-masing. Maka anda harus memperhatikan lagi agar tidak salah memahami Google Analytics 4.

Ada kalanya dimana website Anda mengalami penurunan, namun jangan khawatir! Simak penyebab dan cara mengatasinya disini. Memahami metrik page view adalah kunci dalam website mana pun, jadi pastikan untuk senantiasa mengaplikasikan implementasi yang siap pakai dan buat penyesuaian jika diperlukan. Berikut tips untuk meningkatkan performa bisnis Anda dengan Google Analytics 4.

Google Analytics 4 merupakan tools yang cocok untuk mengoptimasi website Anda. Dan memahami kinerja page view adalah kunci dalam website mana pun, jadi pastikan untuk senantiasa mengaplikasikan implementasi yang siap pakai dan buat penyesuaian jika diperlukan. Namun kami juga dapat membantu Anda menjalankan strategi dan mencapai target yang Anda harapkan, tentunya didukung oleh tim profesional dan berpengalaman. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut klik.

Sumber : Google Analytics 4 , Pageviews GA4 , Page View.