Over 10 years we helping companies reach their financial and branding goals. Onum is a values-driven SEO agency dedicated.

CONTACTS
Blog Indonesia

7 Alasan Saatnya Beralih ke Google Analytics 4 !

Google Analytics 4 (GA4) merupakan tools terbaru dari Google Analytics, menggantikan Universal Analytics (UA) standar yang telah berjalan sejak tahun 2005. Google Analytics 4 menghadirkan banyak fitur baru yang menarik yang sebelumnya custom sekarang sebagai default. 

Saat ini Google sudah melakukan perubahan dengan google analytics versi baru yaitu Google Analytics 4. Kenapa sih ada versi baru ini? apakah versi sebelumnya tidak akurat atau sulit digunakan? Simak selanjutnya untuk menemukan alasan mengapa harus menggunakan Google Analytics 4!

Keuntungan Menggunakan Google Analytics 4!

Google Analytics 4 atau terkenal juga sebagai GA4. Versi ini terbilang jauh lebih modern dan lengkap karena lebih memudahkan pengguna dibanding dengan Google Analytics versi sebelumnya. Integrasi Google Analytics 4 sudah diperluas untuk produk Google lainnya, seperti Google Ads yang berfungsi di seluruh aplikasi dan website Anda. Data di dalam Google Analytics 4 semakin bernilai lagi untuk meningkatkan pemasaran bisnis Anda untuk menghadapi persaingan yang ketat.

Google Analytics sebelumnya dianggap belum cukup akurat dalam menganalisis data yang ada. Untuk itu, Google mengedepankan Google Analytics 4 untuk mencari jalan keluar dari masalah tersebut. Dengan beralih ke Google Analytics 4, Anda dipermudah dalam mengelola website dan mencapai target Anda. Google Analytics 4 dinilai lebih bisa menghasilkan data yang akurat dibandingkan Google Universal Analytics.

Google Analytics 4 di-update menjadi lebih simple pastinya. Mungkin sampai di sini Anda masih bertanya-tanya, haruskah Anda beralih ke Google Analytics 4? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut beberapa keuntungan dari menggunakan Google analytics 4 yang bisa menjadi sarana pertimbangan kebutuhan Anda.

  • Analisis Pengunjung Website

Google Analytics 4 dapat memudahkan Anda sebagai pemilik website mengetahui dari mana pengunjung website Anda berasal. Dengan melakukan analisis tersebut Anda dapat menentukan strategi bisnis Anda kedepannya.

  • Optimasi Keywords

Google Analytics 4 juga berperan penting dalam mengidentifikasi kata kunci yang biasa dicari oleh pengunjung website Anda. Hal itu tentu menjadi krusial karena hal ini adalah salah satu cara untuk mengukur perkembangan website Anda.

  • Analisis Konten Populer

Anda ragu dalam menentukan konten apa yang akan berpotensi populer di website Anda? Jangan khawatir! Dengan Anda menggunakan Google Analytic 4 Anda bisa melihat statistik konten berdasarkan trafik pengunjung, tren dari konten artikel Anda, dan lainnya.

Alasan untuk beralih ke Google Analytics 4

Simak 7 alasan mengapa Anda harus beralih ke Google Analytics 4!

  1. Masa Depan Dari Analytics

Google Analytics 4 dirancang untuk ekosistem yang berkembang dengan pembelajaran mesin sebagai intinya. Algoritma pembelajaran mesin tersebut membantu analisis data yang lebih baik.

  1. Inovasi Terbaru

Beberapa akses dan fitur terbaru yang eksklusif hanya tersedia di Google Analytics 4. Contohnya fitur Debug View, yang lebih praktis terlebih bagi Anda yang tidak memiliki ilmu coding yang mahir. Fitur ini mempermudah Anda dalam melakukan konfigurasi validasi analytics di dalam interface. Fitur lain adalah Pageview yang juga terdapat di Google Analytics 4. Pageview menjadi salah satu tolak ukur menilai perilaku pengguna di website Anda.

  1. Cookieless Insight

Google Analytics 4 akan memberikan insights user yang aman privasi dengan atau tanpa cookie.

  1. Event Tracking dan Goals Tracking yang efisien

Event tracking dan goals tracking yang lebih mudah di setting dan di gabungkan dengan google ads untuk monitoring hasil iklan yang lebih maksimal.

  1. Melihat Bagaimana Orang Melihat Website Anda

Didalam Google Analytics 4 terdapat bagian Acquisition. Acquisition merekam jejak dari mana saja pengunjung website Anda berasal. Mulai dari hasil pencarian Google, Sosial media, Link dari website lain, sampai mengetik langsung URL website Anda di browser mereka.

  1. Melacak Hal Apa Saja yang dilakukan Pengunjung di Website

Google Analytics 4 juga melacak informasi-informasi terkait tentang bagaimana pengunjung melakukan eksplorasi terhadap konten-konten Anda. Pada bagian Behaviour di dalam Google Analytics 4 memberikan informasi pada laman mana yang paling sering menerima pengunjung, laman selanjutnya yang mereka klik, dan waktu yang mereka habiskan di dalam website Anda.

  1. Praktis dan Mudah digunakan

Google Analytics 4 merupakan tools yang menjadi penolong kebutuhan pasar akan analitik dan mudah digunakan. Jika Anda bukan seorang tech geek, tidak perlu khawatir, Google Analytics 4 bisa dipelajari dengan mudah, Anda tak perlu memiliki kemampuan coding tingkat mahir untuk bisa memasang tracking code GA4.

Ada banyak alasan lainnya mengapa Anda harus beralih ke Google Analytics 4. Dengan menggunakan Google Analytics 4 Anda bisa memantau sejauh mana perkembangan bisnis website Anda dan membantu mencapai target bisnis Anda. ProPS turut aktif mendukung inisiatif yang memiliki pertumbuhan penting bagi industri, salah satunya memperkenalkan Anda mengenai Google Analytics 4. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Google Analytics 4 klik. Hubungi kami untuk eksplorasi lebih jauh tentang Google Analytics 4. 

Sumber : Google Analytics 4