Over 10 years we helping companies reach their financial and branding goals. Onum is a values-driven SEO agency dedicated.

CONTACTS
Blog Indonesia

Limitasi di Google Analytics 4 yang Harus Anda Perhatikan!

Google Analytics 4 bukan lagi hal yang asing dalam dunia digital, terlebih lagi jika Anda bekerja di bidang digital marketing. Google Analytics 4 (GA 4) merupakan sebuah bentuk upgrade terbaru dari properti Google.

Google Analytics 4 sering kali digunakan untuk proses analisis. Hal-hal apa saja sih yang membedakan Google Analytics 4 dan Universal Analytics? Yuk simak artikel berikut!

Mengulas Kembali Apa Itu GA 4 ?

Perhatikan Limitasi yang ada di Google Analytics 4

Google Analytics Universal sudah memperbaharui versinya menjadi Google Analytics 4 pada tahun 2020. Dengan machine learning yang lebih baik, GA 4 dapat lebih praktis menyediakan lahan untuk mengolah data terkait dengan produk yang ditangani. 

Meskipun masih cukup asing dan cukup menantang bagi yang belum memahami Google Analytics 4, namun Google Analytics  4 sangat membantu dan mempercepat proses analisis data. Kami menyarankan Anda untuk segera beralih ke Google Analytics 4 karena Google Analytics 4 sangat praktis dan bermanfaat untuk menunjang proses analisis data anda kedepannya.

Dari perspektif pengalaman pengguna Google Analytics 4, banyak yang menganggap Google Analytics 4 cukup menantang untuk digunakan. Namun di luar itu, ada sejumlah tantangan dengan set fitur. Mari kita gali lebih dalam batasan-batasan itu.

Limitasi Google Analytics 4

Mari kita bongkar semua batasan Google Analytics 4 dan solusi yang harus Anda perhitungkan.

  • Retensi data yang ada di Google Analytics 4 hanya 2 dan 14 bulan. Untuk mencegah Anda agar tidak kehilangan data, Anda disarankan untuk menghubungkan ke Google BigQuery.
  • Dalam Google Analytics 4 tidak ada impor data sebelumnya, karena Universal Analytics dan Google Analytics 4 mengukur metrik secara berbeda. Anda harus menjalankan pelaporan ganda, baik Universal Analytics maupun Google Analytics 4. Tujuannya adalah untuk mempertahankan data anda sebelumnya dan meminimalisir terjadinya perbedaan data.
  • Di Google Analytics 4 memiliki batas event sebanyak 500 events per-instans akun Google Analytics 4. Sebenarnya 500 events sudah lebih dari cukup. Dengan demikian, masih dapat mengelola peristiwa pelacakan menggunakan  Google Pengelola Tag.
  • Google Analytics 4 memiliki akses yang terbatas ke beberapa jenis data karena masalah privasi (GDPR Compliance). Anda harus memanfaatkan sepenuhnya 1st party data dan machine learning yang telah disediakan Google Analytics 4 untuk metrik prediktif.
  • Data realtime yang dipaparkan oleh Google Analytics 4 adalah data 30 menit terakhir. Namun, jika anda menggunakan Google Analytics Universal maka Anda bisa melihat data realtime itu 5 menit terakhir.
  • Google Analytics 4 masih belum mendukung untuk tracking halaman AMP. Anda harus menggunakan dual set-up, tracking halaman AMP dengan menggunakan Google Analytics Universal.
  • Terdapat ambang batas data yang diterapkan di Google Analytics 4 apabila Anda menerapkan custom dimensions atau custom metrics. Anda masih bisa mengeksplor dengan menggunakan menu exploration dan membuat custom report baru.

Kesimpulan

Google menetapkan standar tinggi untuk analisis web. Namun keterbatasan bawaan Google Analytics seputar privasi, pelaporan, dan opsi penerapan mendorong lebih banyak pengguna untuk mempertimbangkan beralih alternatif menggunakan Google Analytics 4.

Dengan memahami batasan mengenai Google Analytics 4, Anda sudah dapat mulai menggunakan Google Analytics 4. Langkah selanjutnya adalah melakukan penyesuaian sesuai dengan kebutuhan Anda.

Artikel diatas merupakan penjelasan mengenai apa itu batasan yang ada di Google Analytics 4 dan berbagai solusinya. Jika ditanya, mana yang lebih baik dari sebelumnya, maka jawabannya sudah pasti akan maksimal jika Anda upgrade ke versi Google Analytics 4. Jika anda ingin memahami lebih lanjut seputar Google Analytics 4 kunjungi artikel ini.

Penjelasan mengenai apa itu Google Analytics 4 dan berbagai batasannya. Jika ditanya, mana yang lebih baik dari sebelumnya, maka jawabannya sudah pasti akan maksimal jika Anda upgrade ke versi Google Analytics terbaru 

Yuk simak terus di Props untuk mengetahui update tentang Google Analytics 4 lainnya. Kami juga dapat membantu Anda menjalankan strategi dan mencapai target yang Anda harapkan tentunya didukung oleh tim profesional dan berpengalaman. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut klik.

Sumber : GA4 ,  Limitasi GA4.