Over 10 years we helping companies reach their financial and branding goals. Onum is a values-driven SEO agency dedicated.

CONTACTS
Blog Indonesia

Tingkatkan Keterlibatan Pengguna dengan “Rewarded Ads”

Iklan yang dipilih oleh pengguna untuk ditonton dengan imbalan hadiah dalam aplikasi—seperti menonton iklan video untuk mendapatkan nyawa tambahan dalam permainan, membaca artikel berita, atau mengakses Wi-Fi di bandara—dikenal sebagai “rewarded ads.” Pengalaman iklan ini dapat meningkatkan keterlibatan pengguna dan memberikan pengalaman aplikasi yang lebih baik secara keseluruhan. Menurut sebuah studi terbaru dari Google, 50% pengguna menyatakan bahwa mereka akan kurang puas dengan pengalaman aplikasi mereka jika rewarded ads dihilangkan.

Pengguna Puas, Ekosistem Semakin Kuat

Rewarded ads memberikan keuntungan bagi seluruh ekosistem periklanan, memberikan manfaat bagi pengguna, pengiklan, dan penerbit sama-sama.

  • Pengguna memiliki kendali atas pengalaman iklan mereka. Dengan memilih untuk menonton iklan (klik-untuk-putar) sebagai imbalan untuk hadiah dalam aplikasi, mereka mengakses konten yang sebaliknya akan memerlukan pembayaran, yang menghasilkan keterlibatan yang lebih besar. 
  • Pengiklan mendapat manfaat dari format iklan yang berperforma tinggi, bahkan dalam hal KPI video klasik seperti tingkat penyelesaian. Iklan video berhadiah sangat mudah dilihat, dan pengiklan bersedia untuk berinvestasi lebih dalam format yang mendorong keterlibatan pengguna yang lebih tinggi. 
  • Penerbit dapat meningkatkan pendapatan mereka dengan iklan yang menarik. Iklan berhadiah memungkinkan mereka untuk diversifikasi di luar model monetisasi hanya dengan pembelian dalam aplikasi (IAP). Sementara sangat efektif untuk aplikasi game, iklan ini juga menawarkan alternatif yang menjanjikan untuk paywall tradisional.

Ketika mendekati pembuatan sistem imbalan, pertimbangkan dengan seksama apa yang paling bermanfaat bagi pengguna pada saat itu. Selalu bertanya, “Di mana tempat optimal bagi pengguna untuk melihat iklan sehingga itu meningkatkan—dan tidak mengurangi—pengalaman pengguna?”

  • Hindari mengejutkan pengguna Anda: Integrasikan iklan secara mulus dalam alur konten aplikasi, memastikan bahwa hal itu tidak mengejutkan pengguna. Iklan harus sejalan dengan tahap konten aplikasi saat ini.
  • Eksperimen dengan berbagai insentif: Uji berbagai opsi imbalan pada berbagai tahap konten untuk mengidentifikasi yang menawarkan pengalaman paling menguntungkan bagi pengguna.

Menerapkan Rewarded Ads

Menyiapkan Sebuah Iklan

Ketika menyiapkan unit iklan untuk rewarded video, ada dua pertimbangan tambahan yang perlu diperhatikan:

  • Ukuran: Pilih dari semua ukuran yang tersedia untuk iklan interstitial: 320×480, 480×320, 1024×768, dan 768×1024.
  • Hadiah: Secara default, Pengelola Iklan menetapkan hadiah menjadi “1 hadiah” untuk menonton iklan video. Namun, Anda dapat menyesuaikan ini dengan mengklik untuk mengganti pengaturan default. Misalnya, jika hadiah untuk menonton iklan video adalah 20 nyawa tambahan dalam permainan, Anda harus memasukkan “Jumlah Hadiah” sebesar “20” dan “Tipe Hadiah” sebesar “nyawa.” Selain itu, Anda dapat memungkinkan jaringan iklan pihak ketiga untuk mengganti pengaturan hadiah ini saat menggunakan mediasi.

Jenis Iklan dan Hadiah

Anda dapat memilih dari berbagai jenis iklan untuk iklan berhadiah dan mengkonfigurasi berbagai jenis imbalan.

  1. Jenis Iklan:
    • Iklan Video: Pilih antara iklan video klik-untuk-unduh atau iklan video yang tidak dapat dilewati namun dapat ditutup.
    • Iklan Interaktif:
      • Iklan Bermain: Ini adalah iklan klik-untuk-unduh yang memungkinkan pengguna mencoba permainan dalam unit iklan. Setelah itu, pengguna diberikan opsi untuk mengunduh aplikasi.
      • Iklan Survei: Iklan ini mengajukan pertanyaan kepada pengguna, dan setelah menjawab, pengguna menerima imbalan.
  2. Jenis Imbalan: Pilihan termasuk koin, nyawa tambahan, poin, pengalaman gratis, atau imbalan acak.

Jika Anda memiliki pertanyaan lain atau membutuhkan bantuan lebih lanjut, jangan ragu untuk bertanya di sini. Kami senang dapat membantu Anda!