Over 10 years we helping companies reach their financial and branding goals. Onum is a values-driven SEO agency dedicated.

CONTACTS

Update Algoritma Google 2021 siap meluncur lagi di bulan Mei 2021 ini, sudah siapkah Anda sebagai publisher?

Baru-baru ini, Google baru saja mengumumkan update yang akan dilakukan pada bulan Mei. Bukan hal baru lagi kalau Google akan update terus demi memperbaiki sistem core-nya. Apa sajakah yang perlu Anda siapkan untuk mengimbangi apa yang diinginkan Google? Yuk, simak poin-poin berikut!

Kecepatan Loading Page 

Sebisa mungkin kecepatan loading ke halaman blog Anda jangan sampai lambat, karena salah satu aspek ini penting untuk interaksi user yang mengunjungi halaman web Anda. 

Selain itu, mobile-friendly, keamanan browsing, HTTPS serta iklan interstitial/vignete yang mengikuti aturan Google.

Hal ini juga mencakup metrik di Google Web Vitals. Saat ini, fokusnya ada pada tiga aspek: Loading, interaktivitas, dan stabilitas visual.

  1. Loading, dalam konteks ini, kecepatan loading dihitung. Dalam poin inilah waktu untuk load halaman konten sedang dimuat.
  2. Interaktivitas, ini adalah di mana user pertama kali masuk yang klik atau pun mengetuk, contohnya dari browser dibuka hingga user membuka halaman lainnya.
  3. Stabilitas visual, di mana Anda perlu mencegah hal yang mengganggu user, seperti iklan yang terlalu banyak pada halaman website Anda.

Anda juga perlu mengoptimasi beberapa faktor ini, bahwa 1 detik hingga 10 detik memiliki tingkat kemungkinan bounce rate naik hingga 123%.

Indikator Visual 

Update Algoritma Google 2021 sendiri sebelumnya sudah diinformasikan akan ada indikator visual yang menandakan bahwa pencarian user sudah sesuai dengan spesifikasi halaman yang diinginkan.

Sebelumnya hal ini juga sudah pernah Anda lakukan sebelumnya, Anda sudah pasti mengamati indikator AMP, kecepatan dan mobile-friendly.

Jika indikator ini tampil mencolok di halaman pencarian, maka ada kesempatan lebih besar user akan memilih untuk membuka website Anda dibandingkan website lain.

Meskipun Google belum mengumumkan bentuk, ukuran, dan posisi indikator tersebut, itu adalah tanda betapa seriusnya mereka menjalankan pedoman page-experience yang akan datang.

Artinya, kita semua harus mulai merencanakan sendiri dari sekarang.

Tapi, tunggu dulu. Page-experience bukanlah segalanya.

Sekarang, Anda mungkin telah membaca sejauh ini lalu memutuskan bahwa yang paling penting adalah memperbaiki semua parameter di atas.

Belum tentu demikian. (Meskipun kami berharap begitu!) Soalnya, konten tetaplah raja. Semuanya dimulai dengan itu.

Seperti yang ditunjukkan Google sendiri pada blog mereka,

“Page-experience yang bagus tidak menggantikan isi konten halaman yang bagus.”

Namun, Anda dapat yakin bahwa bila ada banyak halaman yang memiliki relevansi yang serupa, page-experience yang ditingkatkan akan membuat semua perbedaan dalam hasil pencarian Google.

Kenapa Anda Perlu Memperhatikan Update Algoritma Google Ini?

Faktanya bahwa matrix page-experience baru harus dianggap serius oleh pengembang dan semua yang terlibat dalam strategi pengoptimalan website untuk meningkatkan peringkat pencarian Website.

Pertama-tama, jika user-experience Anda dilihat sebagai kelompok teratas, isyarat visual akan memandu konsumen dan browser ke halaman Anda dibandingkan yang lain.

Update Algoritma Google 2021 ini sudah cukup menjelaskan tentang peningkatan bobot yang akan mereka berikan pada page-experience.

Bagaimanapun, page-experience yang luar biasa memungkinkan user membuka halaman lebih nyaman dan ikut berinteraksi di dalamnya.

Tampaknya jelas bahwa halaman-halaman yang berada di bawah tolok ukur baru akan tertinggal dalam peringkat. Ini berarti terjadi penurunan lalu lintas yang signifikan.

Google sendiri sudah mempertimbangkan ratusan aspek untuk menentukan peringkat.

Dimasukkannya page-experience memungkinkan Google memandu user, sehingga dapat mengakses informasi dengan lebih mudah dan menyenangkan.

Untuk Anda sebagai Publishers dan lainnya, memahami sinyal update algoritma Google 2021 dan membuat perubahan yang diperlukan harus menjadi prioritas.

Jika tidak, halaman Anda berisiko diabaikan oleh Google. Anda tidak akan menginginkan hal tersebut bukan?

Untuk informasi lebih lanjut mengenai monetisasi iklan di website, silahkan hubungi kami.

Sumber Search Engine Watch