Blog Indonesia

Tips Menghadapi Update Algoritma Google 2021

Sampai saat ini, Anda telah mengetahui banyak info dari pengumuman update Algoritma Google 2021. Berarti Anda sebagai developer atau pemilik blog website tentunya harus menyiapkan langkah-langkah yang perlu disiapkan bukan?

Seperti di penjelasan Core Web Vital sebelumnya, yang kami tekankan bahwa menghadapi Update Algoritma Google 2021 juga perlu memperhatikan dari sudut pandang kecepatan website, respon interaktif website dan layout/tampilan yang ada di halaman website (Largest Contentful PaintFirst Input DelayCumulative Layout Shift) dari sebuah website.

Sumber Web.dev

Seperti apakah persiapan Anda menghadapi Update Algoritma Google 2021? Berikut beberapa detail bagaimana Anda menghadapi update algoritma Google 2021 seperti Anda adalah ahlinya!

Cek Core Web Vital Anda

Langkah pertama yang Anda perlu lakukan untuk menghadapi update algoritma Google 2021 yaitu adalah cek Core Web Vital Anda di Google Search Console. Setelah itu Anda bisa melihat penilaian poin-poin penting Core Web Vital Anda, apakah kurang? Atau nilai skor website Anda sudah cukup atau baik?

Screen Shot 2021-03-01 at 4.52.24 PM
Source: Google

Setelah melihat gambar di atas, ketiga poin ini apa sajakah yang perlu di-improve?

Pertama, tentunya adalah kecepatan website Anda yang perlu diperhatikan. Apakah sudah sesuai standar atau cukup? Sesuai saran Google, 3 detik saja sudah cukup.

Jadi, jika website Anda loading page-nya masih lebih dari 3 detik maka Anda perlu mengoptimasikan load page website Anda.

Salah satu caranya menurut Search Engine Watch adalah dengan meminimalkan permintaan HTTP. Itu karena komponen pada halaman, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk merender. Anda bisa menggabungkan file yang ada untuk mengatasi hal ini.

Semakin cepat load page website Anda, semakin baik page experience website yang Anda miliki.

Selain kecepatan load page website Anda, tentunya Anda perlu memperhatikan optimasi pada mobile website. menurut Statista pada data tahun lalu di Kuartal 3, hasil dari traffic pencarian website di Mobile naik hingga 50,81% di seluruh dunia dan konsisten naik lebih dari 50% sejak tahun 2017.

Google's Page Experience update - How to continue to rank - Optimize for mobile
Source: Statista.com

Jelas, angka-angka ini tidak dapat diabaikan begitu saja dalam menghadapi Update Algoritma Google 2021, terutama pada konten website versi Mobile, untuk mengejar peringkat halaman Anda di Google Search, diperlukan optimasi Mobile Page website.

Desain halaman website juga harus simple dan responsif agar terlihat menarik di layar yang lebih kecil.
Struktur situs juga harus dioptimalkan untuk Mobile Page (Salah satunya membuat halaman AMP).

Mudah Diakses dan ada Interaktifitas

Selain mengoptimalkan halaman website untuk halaman mobile dan meningkatkan kecepatan halaman adalah langkah pertama yang harus diambil, karena berdampak besar pada user-experience.

Mengapa seperti itu? Karena ketika website Anda lambat atau tidak mudah diakses, maka user akan segera keluar dari halaman website Anda.
Anda tentu tidak mau kehilangan traffic bukan?

Dengan adanya Interaksi antara user dengan website Anda, tentu Google akan menilai bahwa website Anda cukup baik atau bahkan sempurna. Salah satu contoh interaksi dalam website Anda seperti user yang berkunjung diminta untuk mengambil tindakan tertentu, mulai dari berlangganan pembaruan, mendaftar, meminta notifikasi, dan bahkan melakukan pembelian. 

Anda perlu menyadari bahwa user memiliki kerangka berpikir yang berbeda pada titik yang berbeda juga, sehingga Anda perlu menyesuaikan CTA (Call to Action) di website Anda.

Tentunya bentuk notifikasinya harus singkat, spesifik dan jelas tentang tindakan apa yang diperlukan.  Idealnya, notifikasi ini harus menyertakan manfaatnya untuk user.

Pikirkan apa yang user akan dapatkan dari interaksi tersebut. Apakah itu untuk menjadi pencerahan, berguna untuk user atau untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi?

Jangan lupa, desain tombol CTA juga penting lho. Secara alami, mereka harus cerah, bentuknya pas dan posisinya tepat.

Visual Konten Website yang Stabil

Setelah Interaktifitas di website Anda, yang perlu Anda perhatikan adalah Visual/Tampilan website Anda yang simple, menarik dan juga membuat user Anda nyaman membaca setiap kontennya.

Karena itu, gambar yang ada di website Anda perlu file yang ringan juga agar tidak lama dalam memuat foto atau gambar yang ada di dalam konten website Anda. Untuk mengakali foto atau gambar yang tidak dimuat, Anda bisa menggunakan Text Alt.

Text Alt ini digunakan dalam kode HTML yang mendeskripsikan tampilan serta fungsi foto atau gambar di halaman website.

Alt tag tersebut akan ditampilkan jika file gambar tidak dimuat sehingga pengguna memahami konteksnya. Deskripsi tersebut juga digunakan oleh crawler mesin pencari untuk mengindeks dan ini membantu dalam peringkat website Anda.

Deskripsi teks alt ini harus singkat, spesifik, dan idealnya dengan kata kunci. Hal ini juga akan sangat membantu dalam membantu hasil penelusuran organik di website Anda.

Selain poin-poin di atas, menurut impactplus.com untuk menjaga website Anda tetap memiliki peringkat yang baik, diantaranya seperti berikut:

Anda perlu menjaga seberapa Aman dan Terjamin Website Anda?

Dengan keamanan website yang terjamin tentunya akan menambah nilai website Anda bagi user.

Website yang memiliki keamanan buruk akan lebih berisiko terjadi kebocoran data, baik itu data user maupun data penting lainnya yang ada pada website.

Jika data tersebut dibobol oleh pihak tidak bertanggung jawab tentunya akan berbahaya bukan? Anda tentu tidak mau hal ini terjadi.

Iklan Pop-Up atau Banner Ads Menutupi Konten

Iklan tentunya menjadi pemasukan utama dari website yang Anda jalankan. Namun, saat Anda terlalu fokus untuk menempatkan iklan sebanyaknya di halaman konten hingga menutupi konten yang menjadi tujuan user berkunjung.

Tentu user tidak akan suka dengan hal tersebut, Google pun tidak suka dengan hal tersebut. Sehingga bisa mengakibatkan akun Adsense kalian dibanned jika peringatan dari Google diabaikan.

Maka Anda sebagai pemilik website perlu menata kembali posisi iklan yang tidak mengganggu isi konten yang sudah Anda buat sebaik mungkin.

Sederhananya, konten yang baik akan selalu memainkan peran penting dalam menentukan peringkat halaman.

Hal ini cukup sederhana, intinya harus menjawab kebutuhan user dan harus unik. Saat Anda memiliki konten yang seperti itu, lalu mengoptimalkannya untuk menghadapi algoritma Google, Anda akan melihat peringkat Anda akan naik.

Setelah website Anda memiliki peringkat yang baik, bagaimana cara mengoptimalkan iklan di website Anda secara maksimal?

Ingin tahu lebih lanjut? Silahkan hubungi kami di sini.

Sumber Search Engine Watch, Impactplus, Neilpatel

Subscribe Us